loading...

Struktur Virus dan Bagian-bagiannya

loading...
Loading...
Virus Berselubung

Virus berselubung ditandai dengan nukleokapsid yang diselubungi oleh suatu membran pembungkus, misalnya pada Orthomyxovirus penyebab influenza.,virus herpes dan (Human Immunodeficiency Virus).

Untuk mempermudah dan memahami struktur virus, kita pelajari struktur virus T yaitu Bakteriofage. Struktur tubuh Bakteriofage terdiri atas:

1. Kapsid

Kapsid merupakan selubung terluar virus yang tersusun atas banyak subunit protein yang disebut kapsomer. Kapsid inilah yang memberi bentuk pada virus sekaligus sebagai pelindung virus dari kondisi lingkungan yang merugikan virus. Bentuk kapsid virus berbeda-beda yaitu polihedral, batang, bulat, oval, dan lain-lain.

2. Kepala

Kepala virus berisi materi genetik yaitu berupa DNA dan bagian luarnya diselubungi kapsid.

3. Isi tubuh

Bagian isi tersusun atas asam nukleat, yakni DNA saja atau RNA saja. Bagian isi disebut sebagai virion. DNA atau RNA merupakan materi genetik yang berisi kode-kode pembawa sifat virus. Berdasarkan isi yang dikandungnya, virus dapat dibedakan menjadi virus DNA (virus T, virus cacar) dan virus RNA (virus influenza, HIV, H5N1).

4. Ekor

Ekor virus merupakan alat untuk menempel pada inangnya. Ekor virus terdiri atas tabung bersumbat yang dilengkapi serabut. Pada bagian ekor terdapat lempengan dasar dan serabut ekor yang berfungsi sebagai alat menempel dan tempat penginjeksian DNA ke dalam sel inang.

Pada bagian kepala hingga ekor terdapat kapsid dan selubung ekor (bagian terluar) serta asam nukleat (bagian dalam).


DAFTAR PUSTAKA:
Irnaningtyas. (2013), Biologi Untuk SMA/MA Kelas X, Erlangga, Jakarta
loading...
Loading...

0 Response to " Struktur Virus dan Bagian-bagiannya "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.