Loading...

Update Informasi! Penerimaan Guru Garis Depan (GGD) Angkatan II

   
Semenjak Group Masyarakat SM-3T Indonesia dibuat oleh Mas Sain Widianto pada tanggal 25 April 2015. Semua informasi yang berkenaan dengan info CPNS Formasi Khusus SM-3T atau sekarang yang kita dengan dengan nama GGD terpusat di group ini.

Group Masyarakat SM-3T Indonesia menyajikan info lengkap dan akurat tetang GGD. Info-info terbaru dikabarkan oleh Akhiruddin Haer selaku pemegang komdando masyarakat SM-3T Instute

Berikut ini cuplikasi info-info yang telah Pak Pandani Rangkum dari Group  Masyarakat SM-3T Indonesia dari awal dibuat sampai update informasi terbaru penerimaan GGD angkatan II, mari kita simak:

Mohon maaf sebesar2nya. Diawal status saya "untuk kebaikan bersama-sama". Saya juga sedih klu Grup IKA SM-3T hanya FK aja yg dominasi. Maka dari itu kalau mau ngomongin FK ini tempatnya.

  • Sain Widianto (1 Mei 2015 Pemberitahuan (Ke-10).)
Sampai dengan hari Selasa Tanggal 30 April 2015 pukul 20.08 Wib. Data hasil pembaharuan yang sudah kembali masuk dari kabupaten sebagai berikut:
  • Sain Widianto (30 Apil 2015 Pemberitahuan (Ke-10).)
‪#‎disampaikan‬ kepada para koordinator kabupaten atau Peserta lulusan Formasi Khusus PPG SM-3T Agar dapat memastikan Bahwa Distribusi Surat Undangan acara Pembekalan dan Pelepasan Peserta benar-benar 100% telah diterima oleh peserta.
  • Akhiruddin Haer (20 Mei 2015 Malam. Pendistribusian Tiket keberangkatan ke Lokasi dan Hasil Rapat hari ini)
Salam Masyarakat SM-3T Indonesia. Beserta Salam Hangat dan Hormat kami kepada keluarga Anda wahai peserta Guru Garis Depan Indonesia

Pemerintah dalam hal ini Pak Mendikbud, Anies Baswedan bermaksud mengirimkan Sertifikat Penghargaan kepada Para orang Tua Anda (Lulusan Formasi Khusus CPNS SM-3T). Keluarga yang telah melahirkan Putera/Puteri terbaik Bangsa yang menjadi Guru Garis Depan di Pelosok Negeri.


  • Akhiruddin Haer (23-05-015. Guru Garis Depan itu Formasi Khusus CPNS SM-3T.)
Malam ini trendnya begitu berbeda dengan malam sebelum dan setelahnya. Air mata tak mungkin sanggup mewadahi sedih sekaligus kegembiraan karena semangat mengabdi kita kembali menemukan medannya.

Untuk kegiatan secara teknis, semuanya telah lengkap untuk menjamu para peserta. Sampai bertemu beberapa saat lagi wahai peserta 774 peserta Guru Garis Depan. Kami tak akan menganjurkan apa-apa lagi kepada para peserta. Karena kami telah begitu percaya bahwa Guru Garis Depan itu melangkah dengan pertimbangan koordinasi kebersamaan sesama peserta dan Tim. Bahwa Guru Garis Depan itu telah mengintegrasikan segala macam kesiapannya ke lokasi dengan lebih mengedepankan nurani mengabdi.

Tim 9 dan panitia pusat akan selalu memantau Anda dan akan menjemput di Bandara bagi yang datang besok (24-05-2015).

Salam hormat dan kagum kami untuk apa dan siapapun yang Anda tinggalkan untuk sementara waktu. Karena hidup memang harus diisi dengan ketegaran dan pelayanan kepada sekitar.

‪#‎SaveMySkemaKhususSM‬-3T
‪#‎GuruGarisDepan‬

  • Akhiruddin Haer (27 Juli 2015) 

Setelah Peluncuran secara Resmi Yayasan Masyarakat SM-3T Institute bersama Pak Menristekdikti dan Mendikbud pada tanggal 26 Juni 2015 di Jakarta,

maka Pendampingan Hadirnya Formasi Khusus Guru Garis Depan MBMI tahap kedua merupakan Program Kerja Yayasan Masyarakat SM-3T Institute (Deputi Internal Organisasi dan Pemberdayaan Anggota) melalui pembinaan dari Dikti, Kemristekdikti beserta dukungan koordinasi dan partisipasi dari para Masyarakat SM-3T Indonesia.

  • Akhiruddin Haer (25 Juli 2015)

04 Juli 2015. Pendampingan Hadirnya GGD tahap Kedua

Kepada Yth. Para Peserta GGD. Sehat dan bermaslahatlah selalu

Dalam rangka membantu merealisasikan hadirnya Formasi Khusus CPNS SM-3T tahap kedua yang terakhir ini dilabeli oleh Kemdikbud dengan sebutan Guru Garis Depan (GGD),


Maka dari itu, kita sangat berharap agar para sahabat GGD tahap pertama sedapat mungkin bisa menunjukkan programnya yang bisa membuka mata berbagai pihak mengenai efektivitas tugas peserta GGD.

Juga setidaknya bisa menggagas rencana besar pembangunan pendidikan daerah yang bekerjasama dengan Pemda setempat dalam membangkitkan kemandirian kawasan pinggiran Indonesia.

Selanjutnya, harap menggelorakan publikasi prestasi program tersebut. Hal ini sama sekali bertujuan untuk menginspirasi dan menggulirkan inisiasi kebaikan teman-teman sekaligus memuluskan keterserapan/peran alumni MBMI kita selanjutnya.

Silahkan agar didiskusikan lebih lanjut ide dasar ini dengan sesama peserta GGD di setiap kabupaten penugasan...

Kita hanya dikehendaki untuk memaksimalkan usaha, berdoa, dan bertawakkal. Selanjutnya, TuhanLah yang memutuskan yang terbaik.

‪#‎SaveMySkemaKhususSM‬-3T
‪#‎GuruGarisDepan‬

  • Akhiruddin Haer (25 Juli 2015)
..... Selanjutnya. Kita memerlukan bentukan Group Baru dengan nama ‘Guru Garis Depan Indonesia’ yang beranggotakan hanya 798 peserta GGD Angkatan Pertama ditambah Pembina dan pengurus yayasan. Jumlah ini bisa bertambah jika adanya Program yang sama berikutnya. Group ini dibentuk karena kami memandang bahwa terdapat beberapa hal yang mesti diinfokan dan didiskusikan secara internal bagi peserta GGD. Baik terhadap pengembangan peran dan tanggung jawab GGD di lapangan begitupun berbagai macam pendampingan hak yang melekat pada peserta (NRG dan Tunjangan Profesi). Bagi mereka yang menunggu informasi mengenai Formasi Khusus CPNS PPG SM-3T/GGD tahap kedua bisa memantau nantinya di group Masyarakat SM-3T Indonesia.

‘Group IKA SM-3T Indonesia’ akan tetap kita pertahankan dengan tetap mengacu pada niat awal menjaring koordinasi khusus sesama alumni SM-3T untuk berupaya mengatasi berbagai kendala yang dihadapi.


  • Akhiruddin Haer (27 Juli 2015)
27 Juli 2015. Untuk Harapan Kita akan adanya Formasi Khusus PPG SM-3T/Guru Garis Depan Tahap Berikutnya.

Perlu kami sampaikan bahwa di tengah kabar moratorium penerimaan CPNS tahun ini, kita tetap menempuh semaksimalnya usaha di dalam mewujudkan adanya Formasi Khusus PPG SM-3T/Guru Garis Depan Tahap Berikutnya.

Semua elemen terkait, terutama Dikti dan Kemdikbud sementara dan akan terus mengoptimalkan perannya untuk itu. Selain berdoa, terdapat setidaknya 2 langkah utama kita di dalam mengupayakannya, yaitu pelaporan data potensi pendaftar secara akurat dan narasi kebutuhan program yang rasional.


Merealisasikan langkah pertama, kami sampaikan bahwa database alumni SM-3T yang memiliki sertifikat pendidik PPG SM-3T telah kita miliki dan datanya terekam di sistem Dikti. Data tersebut akan dikurangi dengan lulusan GGD tahap pertama dan para alumni yang lulus PNS Jalur Umum. Data tersebutlah yang akan menjadi Data Potensi Pendaftar usulan GGD tahap berikutnya.

Untuk menunjang akurasi data potensi yang kita usulkan nantinya, akan ditempuh beberapa metode, salah satunya dengan menjaring data para lulusan PPG SM-3T yang lulus PNS Umum lintas peserta. Masyarakat SM-3T Institute dan kita pun akan mengambil peran di dalamnya dan selanjutnya silahkan mengikuti arahan Bung Muhammad Ali Akbar dan Mas Sain Widianto untuk mekanisme penginputan data yang dimaksud.

Catatan: Untuk prosedur pendampingan NUPK dan NRG bagi PNS Umum dan NonPNS (GTY/Sekolah swasta dan GTBP/Sekolah Negeri/SK Bupati) dari kalangan pemegang sertifikat PPG SM-3T akan kami sampaikan paling lambat akhir minggu ini.

‪#‎Hanya‬ Tuhan yang punya kuasa untuk memastikan segala sesuatu, kita hanya dituntut untuk bersungguh-sungguh berikhtiar sesuai kapasitas yang ada.

‪#‎SaveMySkemaKhususSM‬-3T
‪#‎MasyarakatSM‬-3TIndonesia.

  • Akhiruddin Haer (30 Juli 2015)
#30-31 Juli Juli 2015. Menjelang Agustus, Bulan Delapan.
Guru Garis Depan. Program ini Terobosan baru Kemdikbud yang bersinergi dengan Kemristekdikti, KemenPan-RB dan Pemda terkait. Sebuah prestasi tersendiri bagi Dikti bisa memperjuangkan hadirnya Formasi Khusus CPNS bagi alumni program SM-3T yang dirintisnya. Saya tak bisa berkomentar banyak selain bangga, salut dan bersyukur dengan terwujudnya program ini. Bertahun-tahun para Ayahanda dan Tim kita di Dikti ‘bergerilya’ memaparkan kualitas para alumni agar bisa terserap di dunia kepegawaian. Menembus kecanggungan dan rumitnya tata kelola birokrasi demi agar semangat pengabdian para alumni bisa segera tersalurkan. Tak pernah ada dalam sejarah sebelumnya, puluhan tenaga BKD dan perwakilan Pemda dikumpulkan dalam satu lokasi untuk memproses secara pasti NIP beserta pendampingan atas kelengkapan kepegawaian peserta. Itu hanya ada di formasi khusus CPNS PPG SM-3T ini. Tapi namanya juga program terobosan, sangat diperlukan berlapis koordinasi dan bukti nyata perubahan yang diberikan oleh peserta GGD di lapangan agar program ini bisa menjadi program bersama. GGD juga bisa dirasakan sebagai milik pemerintah dan masyarakat sasaran secara nyata. GGD di lapangan bisa mengembangkan perannya sebagai pusat jaring kebangkitan pendidikkan atau perubahan daerah tertinggal Indonesia. Tidak sekadar bertanggung jawab pada domain sektoral sekolah semata. Mereka juga dapat berperan sebagai penyampai informasi secara akurat sekaligus pendamping berbagai program kemdikbud dan instansi terkait yang khas kebutuhan daerah 3T. GGD bisa menjadi inisiator sekaligus fasilitator mekanisme gotong royong berbagai pihak dalam mewijudkan kemandirian daerah sasaran. Sehingga tak ada lagi kecemburuan sosial karena kehadiran peserta adalah maslahat multidimensi yang dibutuhkan oleh para penerima itu sendiri. Sederet misi inilah yang mendasari kita untuk rasional mengargumentasikan adanya GGD tahap berikutnya. Itu juga mulai intens kita lakukan pada Bulan Delapan ini.


  • Akhiruddin Haer (8 Oktober 2015)
‪#‎Malam‬ ini, persiapan terakhir untuk kegiatan Rapat Koordinasi Perdana GGD II besok di Makassar. Nyaris tak ada mekanisme pembuka dan paparan utama selain bagaimana mengemukaan di depan Pemda kelak bahwa calon potensi pendaftar GGD II itu adalah Lulusan terbaik Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Dikti yang diakui oleh negara. Mereka adalah Guru Masa Depan bangsa, melebihi kualitas dari sekadar penyebutan 'Gr' itu sendiri.

  • Kemdikbud (12 Oktober 2015)

Kemendikbud Usulkan Program GGD Tahap Kedua Menyasar 151 Daerah 3T

Salah satu agenda pembangunan nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2015 – 2019 adalah membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Program Guru Garis Depan (GGD) merupakan strategi dan upaya pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemendikbud) untuk mewujudkannya dengan meningkatkan ketersediaan tenaga pengajar atau guru di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Program yang bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Badan Kepegawaian Negara dan pemerintah daerah itu telah mengirimkan 798 guru profesional ke 28 kabupaten daerah 3T yang tersebar di provinsi Aceh, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat pada tahap pertama bulan Juli lalu. [Selengkapnya]


  • Akhiruddin Haer (22 Oktober 2015. Info GGD II)
Bisa kami sampaikan bahwa informasi perihal formasi, mekanisme, jadwal pelaksanaan dan prasyarat teknis pendaftar GGD II Belum ditetapkan secara resmi, termasuk info batas usia.

Perihal pengumpulan berkas oleh beberapa pemda tertentu, hal tersebut sebatas inisiatif pendataan potensi pendaftar yang berasal dari daerah bersangkutan, sehingga tidak mengakibatkan perbedaan bagi mereka yang tidak diminta untuk mengumpulkan berkas.

Tak usah khawatir karena pendaftaran GGD II nantinya dapat diakses secara terbuka bagi mereka yang berminat, belum PNS serta pemegang sertifikat pendidik PPG Prajabatan Dikti.

Mari bersabar menantikan info resmi yang dimaksud.

Hormat kami
MSI.

  • Akhiruddin Haer (2 November 2015)
Informasi terakhir yang kita terima bahwa dengan pertimbangan untuk kematangan pelaksanaan GGD II, maka pihak Kemdikbud sementara merencanakan agenda pasca Rakor tempo hari di Makassar, berupa fasilitasi/pendampingan pengisian sistem E Formasi (analisis jabatan dan pengusulan pegawai) kepada daerah rencana sasaran, yang dibimbing langsung oleh KemenPAN dan BKN

Hasil pengajuan via sistem E Formasi itulah yang menjadi pertimbangan oleh KemenPAN nantinya bagi turunnya formasi GGD II secara resmi, dengan tetap mengacu pada tingkat realisasi penganggaran pengadaan dan penerimaan CPNS di Kementerian Keuangan.

Sembari rencana kegiatan fasilitasi tersebut, Kemdikbud juga mengagendakan adanya monitoring dan evaluasi pelaksanaan GGD I yang akan melibatkan berbagai pihak pengambil kebijakan; untuk mengevaluasi dan membenahi berbagai hal yang menyangkut tanggung jawab pengabdian GGD sekaligus hak dan kesejahteraan yang melekat di dalamnya.

Dua agenda tersebut menjadi perbincangan serius tempo hari dalam kegiatan penyusunan perangkat pelaksanaan GGD antara Kemdikbud, Kemdagri, KemenPan, BKN, Kemenko-PMK, pihak terkait.

Senantiasalah bersabar bagi peminat pengabdi GGD II, kami pastikan perkembangan yang bersifat signifikan akan instens kami sampaikan di group ini. Sampai nanti, ketika formasi khusus CPNS PPG Prajabatan Dikti (GGD) telah turun secara resmi, maka akan kami alihkan pusat informasinya ke Group FB Guru Garis Depan Tahap II.

Bagi GGD I, kami akan menghubungi koordinator kabupaten sasaran atau yang diamanahi untuk itu, jika pelaksanaan Monev yang dimaksud telah dipastikan regulasi dan penjadwalannya. Meminjam istilah Ayahanda pencetus Program Formasi Khusus SM-3T, Ayahanda Agus Susilohadi, bahwa GGD itu niscaya bukan Guru Biasa. Pertahankan marwah SM-3T kita.

Hormat kami
MSI.

  • Akhiruddin Haer (17 November 2015)
‪#‎GGD‬ II. Hari ini kami juga menjalin komunikasi dengan pihak KemenPAN-RB terkait perkiraan waktu dibukanya formasi penerimaan CPNS GGD II? Respons Beliau, bahwa KemenPAN-RB belum mengetahui secara pasti waktunya karena masih menunggu keputusan realisasi penganggaran formasi yang disetujui oleh Kementerian Keuangan. Walau keputusan formasi belum turun secara resmi, tapi tahapan menuju pelaksanaan GGD II tetap dijalankan sampai saat ini, buktinya; pada akhir minggu ini, akan dilaksanakan tahapan lanjutan sinkronisasi data pengusulan dan pendampingan penyusunan EFormasi oleh Kemdikbud, KemenPAN-RB, BKN bersama Kepala Dinas/BKD Rencana Daerah Sasaran. Hasil perampungan Eformasi ini nantinya yang menjadi pertimbangan utama KemenPAN-RB dan pihak terkait dalam menentukan formasi dan kebijakan lainnya.

Hormat kami
MSI.



Salam Pak Pandani
   
   
Loading...
loading...
   

1 Response to " Update Informasi! Penerimaan Guru Garis Depan (GGD) Angkatan II "

  1. Salam Sejahtera untuk AKhiruden haer yang telah memperjuagkan masyarakat SM3T jauh kedepannya semoga tunjangan para GGD bisa cair tepat waktu...

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani