Loading...
Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Datang Bulan Penuh Berkah dan Ampunan. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1439 Hijriah/2018M. Salam "Pak Pandani"

Pengelompokan Limbah Berdasarkan Sumbernya

   
a. Limbah Industri

Limbah ini dihasilkan atau berasal dari hasil produksi oleh pabrik atau perusahaan tertentu. Limbah ini bisa dikategorikan sebagai limbah yang berbahaya karena limbah ini mempunyai kadar gasyang beracun, pada umumnya limbah ini dibuang di sungai-sungai disekitar tempat tinggal masyarakat dan tidak jarang warga masyarakat mempergunakan sungai untuk kegiatan sehari-hari, misalnya MCK(Mandi, Cuci, Kakus) dan secara langsung gas yang dihasilkan oleh limbah pabrik tersebut dikonsumsi dan dipakai oleh masyarakat.



b. Limbah Rumah Tangga


Limbah rumah tangga adalah limbah yang dihasilkan oleh kegiatan rumah tangga, limbah ini bisa berupa sisa-sisa sayuran seperti wortel, kol, bayam, slada dan lain-lain bisa juga berupa kertas, kardus atau karton. Limbah ini juga memiliki daya racun tinggi jika berasal dari sisa obat dan aki. Limbah rumah tangga dapat dibedakan menjadi 3 jenis. Yang pertama berupa sampah. Kemudian ada air buangan yang dihasilkan dari kegiatan mandi dan mencuci, dan ketiga adalah kotoran yang dihasilkan manusia. Jika tak dikelola dengan baik, berpotensi tinggi mencemari lingkungan sekitar.




c. Limbah Pertanian

Limbah pertanian adalah limbah yang berasal dari hasil kegiatan pertanian. Limbah ini biasanya berupa sisa tumpahan dan penyemprotan atau sisa pemupukan yang berlebihan yang terdiri dari senyawa-senyawa anorganik dari bahan kimia yang digunakan untuk kegiatan pertanian.

Contoh: Pupuk, pestisida, sisa-sisa tumbuhan.

d. Limbah Pertambangan


Limbah pertambangan adalah limbah yang berasal dari kegiatan pertambangan. Kandungan limbah ini terutama berupa material tambang.

Contoh: Logam atau batuan.
   
   
Loading...
loading...
   

0 Response to " Pengelompokan Limbah Berdasarkan Sumbernya "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani