Alhamdulillah, Program SM-3T Akhirnya Tetap Dilanjutkan, Penerimaan Angkatan VI untuk Kuota 1.000 Peserta rencana Dibuka Akhir April 2016

Mungkin ini bisa menjadi kabar bahagia buat insan pendidikan terutama para guru yang ingin mengabdikan diri menjadi the next Sarjana Pendidik.

Sempat dikabarkan disetop,(Baca: Kemendikbud Setop Program SM-3T Tahun 2016? Ini Penjelasannya) Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) akhirnya mendapatkan kepastian. Melului pemberitaan yang bersumber dari Abdullah Pandang ( Direktur Program Pengembangan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar (P3G-UNM).
Sore hingga malam ini saya mendapatkan dua informasi yang "menyejukkan" dan tentu saja melegakan. Keduanya berkaitan nasib guru. Yang satu untuk guru dalam jabatan, yang lainnya untuk guru prajabatan.
Pertama, siaran pers dari Mendikbud yang menyatakan pemerintah akan membiayai sepenuhnya sertifikasi guru 2016 melalui PLPG, dan hak ikut PLPG juga dibuka untuk guru rekrutmen 2006 - 2015 (yg sebelumnya diwajibkan ikut pola SG-PPG).
Menindaklanjuti siaran pers tsb, Tim sertifikasi guru di Ditjen GTK sedang menyiapkan draf kebijakan Permendikbud untuk menjadi dasar hukum pola sertifikasi 2016, khususnya untuk membuka ruang bagi guru 2006 - 2015 untuk ikut sertifikasi pola PLPG. Tim juga masih membahas syarat khusus bagi mereka untuk ikut PLPG. Dalam beberapa hari ke depan, Insyaallah syarat tsb sdh bisa kita ketahui.

Kedua, malam ini saya sempat mendengar langsung dari Kasubdit PG Dikmen Kemdikbud, Ibu Reni Yunus, bahwa tahun 2016 ini masih akan dibuka program SM3T Jilid VI untuk 1.000 peserta. Kebetulan program SM3T ini berada di bawah pengelolaannya.
Pembukaan program ini akan segera dirilis pada akhir April ini dilanjutkan dengan seleksi. Direncanakan pengiriman peserta lulus ke daerah tugas lebih cepat dari sebelumnya, yaitu bulan Juli sdh ada di lokasi. Pengumuman resmi mengenai syarat dan ketentuan lain terkait dg program ini akan segera diumumkan lewat web Kemdikbud.


Informasi ini juga diteruskan oleh situs online Universitas Negeri Makasar (Profesi online) dengan pe,mberitaan yang berjudul judul: Sempat Dikabarkan Disetop, Pendaftaran SM3T 2016 Segera Dibuka:
Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T) akhirnya dibuka kembali setelah dikabarkan bakal disetop tahun ini. Hal tersebut dilansir dari akun facebook Direktur Program Pengembangan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar (P3G-UNM), Abdullah Pandang.
“Malam ini saya sempat mendengar langsung dari Kasubdit Dikmenum Kemdikbud, Ibu Reni, bahwa tahun 2016 ini masih akan dibuka program SM3T Jilid VI untuk 1.000 peserta. Kebetulan program SM3T ini berada di bawah pengelolaannya,” tulisnya melalui akunfacebook.
Selain itu, ia menerangkan, pembukaan program ini akan segera dirilis pada akhir April ini dan akan dilanjutkan ke tahap seleksi.
“Direncanakan pengiriman peserta lulus ke daerah tugas lebih cepat dari sebelumnya, yaitu bulan Juli sudah ada di lokasi,” ungkapnya.
Dosen Psikologi Pendidikan dan Bimbingan ini menjelaskan, pengumuman resmi akan diumumkan melalui laman resmi Kemdikbud.
“Mengenai syarat dan ketentuan lain terkait dengan program ini akan segera diumumkan lewat web Kemdikbud,” ujarnya. (*)

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama