loading...

Fakta-Fakta GGD Angkatan I Yang Wajib Diketahui Potensi GGD II

loading...
Loading...
Tak terasa, sudah lebih setahun perjalan ini berlalu. Perjalanan menuju GGD yang terasa singkat. Namun penuh makna. Karena perjalanan ini telah mengubah jalan 798 Guru yang dulunya berawal dari Program SM-3T.

Sedikit Saya ceritakan perjalanan singkat itu, dan semoga bisa jadi gambaran dalam mengambil langkah-langkah untuk perjalanan peserta GGD jilid II. 

Karena keputusan yang salah akan beresiko fatal bagi anda, dan ingat! kesempatan itu tidak akan datang dua kali. Jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya.



Berikut ini adalah fakta-fakta ini mungkin akan mengenang Perjalanan GGD 1.
  1. Guru Garis Depan (GGD) adalah program yang namanya baru diluncurkan pada tahun 2015, Sebelumnya program ini dikenal dengan nama FORMASI KHUSUS BAGI PESERTA SARJANA MENDIDIK DI DAERAH TERDEPAN, TERLUAR DAN TERTINGGAL (SM-3T) atau Formasi Khusus SM-3T.
  2. Alur perjalanan GGD 1 dimulai dengan pendaftaran online di https://regpanselnas.menpan.go.id/ lalu melanjutkan pendaftran di http://registrasi.cpns.kemdikbud.go.id/cpns2014/pub/khusus/index.php
  3. Pengumuman Formasi Khusus Bagi Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal di publish pada tanggal 5 Desember 2016. bisa dilihat disitus CPNS Kemdikbud: buka link ini: http://cpns.kemdikbud.go.id/indexe66b.html?k=konten/39
  4. GGD 1 Dibuka dengan kuota 1.000 orang, namun yang tersaring dalam seleksi ini hanya 798 orang saja.
  5. Pendaftaran Formasi Khusus Bagi Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal dilakukan mulai tanggal 9 s/d 15 Desember 2014.
  6. Pendaftaran untuk Formasi khusus SM-3T kemudia diperpanjang sampai tanggal 18 Desember 2014
  7. Pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang direncanakan pada tanggal adalah tanggal 23 - 24 Desember 2014 ditunda menjadi 19 - 20 Januari 2015.7. Lokasi TKD Formasi Khusus SM-3T bisa dilihat pada link berikut: http://cpns.kemdikbud.go.id/files/Lampiran%20Lokasi%20Tes%20Formasi%20Khusus.pdf. Materi TKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Inteligensia Umum, dan Tes Karateristik Pribadi. Tempat Ujian Kompetensi dilaksanakan TKD dilaksanakan di 17 LPTK yakni: Universitas Syiah KualaUniversitas Negeri MedanUniversitas Negeri Padang ,Universitas Riau , Universitas Negeri Jakarta,Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri SemarangUniversitas Negeri Malang Universitas Negeri Yogyakarta Universitas Negeri Surabaya Universitas Pendidikan Ganesha Universitas Tanjungpura Universitas Mulawarman Universitas Negeri Gorontalo Universitas Negeri Makassar Universitas Negeri Manado Universitas Nusa Cendana.
  8. Perlu anda ketahui dengan sistem seleksi GGD 1 adalah pertama, terdapatnya 3 pilihan daerah sasaran yang boleh kita tentukan sendiri. namun pilihan  ke 2 dan ke 3 boleh dikatakan tidak berfungsi apabila daerah tersebut sudah dipilih oleh oleh peserta lain sebagai pilihan 1 mereka. walaupun nilai anda lebih tinggi dari mereka yang menjadikan daerah tersebut adalah pilihan 1 nya. Dalam arti kata pilihan 1 itu lebih menentukan kelulusan. Kedua, Passing Grade untuk Formasi khusus SM-3T dihapuskan. Sehingga hasil seleksi ditentukan oleh rangking pada daerah sasaran pilhan 1.  Ini merupakan sistem yang dipakai pada seleksi GGD 1, walaupun sebelumnya tes telah diumumkan bahwa peserta yang lulus adalah peserta yang lolos passing grade, namun fakta berkata lain. karena dipakainya sistem yang golong aneh ini.
  9. Pada tanggal 17 Januari 2015 diumumkan bahwa terjadi perubahan jadwal TKD untuk Unimed: Lihat disini Perubahan Jadwal TKD Unimed
  10. Hasil Kelulusan Formasi SM-3T diumumkan pada tanggal 18 Februari 2015 sesuai dengan Surat kemenpan Nomor B/634/M.PAN-RB/02/2015 tanggal 16 Februari 2015 tentang Hasil Seleksi CPNS Formasi Khusus Untuk SM-3T Tahun 2014 
  11. Hasil Kelulusan Formasi SM-3T bisa dilihat disini: http://cpns.kemdikbud.go.id/index9cdd.html?k=konten/58
  12. Berkas yang harus disiapkan oleh peserta yang lulusa bisa dilihat disini: http://cpns.kemdikbud.go.id/files/pengumuman%20SM-3T.pdf
  13. Berkas –Berkas Formasi khusus CPNS SM-3T paling lambat dikumpul tanggal 6 Maret 2015. 
  14. Tambahan Detil Pengumuman Kelulusan SM-3T mengenai legalisir ijazah dan dokumen lainnya di umumkan tanggal 22 Februari 2015 
  15. Setelah itu tidak ada lagi info baru terkait dengan Formasi khusus SM-3T di Situs kemdikbud http://cpns.kemdikbud.go.id/ dan sampai saat ini situs tersebut tidak ada update lagi. 
  16. Calon GGD 1 sibuk mempersiapkan berkas dokumen yang harus dikirim sebelum tanggal 6 Maret 2015. 
  17. Setelah berkas dikirim, Kegalauan awal pun muncul, Berkas-berkas dokumen yang menjadi persyaratan Formasi Khusus peserta tak kunjung sampai, ketika dilihat status pengiriman di situs POS Indonesia hasilnya pun beragam, mulai dari ANTAR ULANG, FS PO BOX, PO BOX 2, RUMAH KOSONG dan status pengiriman yang paling ditunggu adalah PENERIMA SYAFRI. Mungkin ini adalah momen yang mungkin tidak bisa dilupakan oleh GGD 1 yang membuat jantung berdebar-debar. 
  18. 24 Mei 2015 GGD 1 terbang ke jakarta untuk menjalani Pelepasan Guru Garis Depan Tahun 2015 Oleh kemendikbud di Golden Boutique hotel 
  19. 25 Mei 2015 GGD 1 Dilepas secara resmi oleh Ir. Joko Widodo di Istana Negara. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Anis Baswedan (Mendikbud), Yuddy Chrisnandi (MenPAN RB), Gubernur dan sejumlah bupati yang mewakili daerah sasaran GGD 1. 
  20. Tanggal 25 Mei 2015 itu juga GGD angkatan 1 berangkat menuju daerah sasaran. Provinsi Aceh, NTT, Papua Barat, dan Papua. Namun Saya Masih ingat! Dimomen inilah Tunjangan khusus (TK) ini muncul. Setiap GGD 1 dibekali dengan rekening Bank. Khusus Kami daerah Aceh di Buatkan Rekening Bank Mandiri. Dan Saya masih ingat perkataan salah seorang pejabat di kemdikbud! "Kalian jangan cemas, Kalian tidak perlu takut, GGD bukan mencari uang, Tapi Uanglah yang mencari kalian." Hal ini memang terbukti dengan kehadiran Tunjangan khusus Buat GGD 1. Miris...! Tapi sekarang faktanya berbeda. TK tinggal Kenangan. 
  21. 21 November 2015 GGD kembali di panggil ke jakarta untuk mengikuti Pembinaan Guru Garis Depan oleh Dirjen GTK, Simposium Guru 2015, dan Ikut serta dalam acara puncak peringatan hari guru Nasional 2016 Di Istora Senayan Jakarta. Kegiatan ini berlangsung sampai tanggal 27 November 2015. Dimomen ini mereka kembali mengumbar segala kelebihan GGD dengan segala keistimewaanya. Namun kami GGD hanya butuh bukti bukan janji-janjim lagi. Karena Kami GGD telah membuktikan pengabdian kami.
Demikianlah ringkas perjalanan GGD 1, Semoga Kita bisa saling mengingatkan sama lain.   
Salam GGD 1
salam Pak Pandani

Pantau terus perkembangan info GGD II Di TAG #GGD dan #SM-3T
loading...
Loading...

7 Responses to " Fakta-Fakta GGD Angkatan I Yang Wajib Diketahui Potensi GGD II "

  1. Pak, setelah kegiatan GGD selama setahun, kegiatan yang diikuti selanjutnya apa pak? Apakah benar harus terus mengajar di daerah GGD?

    ReplyDelete
    Replies
    1. GGD bukan setahun mbak, Tapi sudah memiliki SK CPNS, Sama layaknya Pagawai umum lainnya.

      Delete
  2. berapa gaji total sebulan untuk GGD masa CPNS dan masa PNS ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. GGD itu sama dengan CPNS pada umumnya. Gajinya sama dengan aturan baku yang ada di NKRI ini.

      Delete
    2. Tapi tunjangan profesi sudah cair kan bos?

      Delete
    3. Tapi tunjangan profesi sudah cair kan bos?

      Delete
  3. Berapa passing grade untuk tkd ggd 1 pak ?

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.