loading...

Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2016 Untuk Guru SM-3T di Seluruh Indonesia

loading...
Yth. Masyarakat SM-3T Indonesia
Di seluruh penjuru Indonesia

Dalam agenda memperingati Hari Pendidikan Nasional 2016, kami mengajak partisipasi Masyarakat SM-3T Indonesia untuk turut menyemarakkan sekaligus mengendapkan apresiasi dan berinternalisasi terhadap nilai luhur yang dikandungnya. Berikut beberapa informasi yang bisa menjadi acuan dasar bagi kita pada momentum beraksi nyata dan kontemplatif tersebut.

A. Panduan Umum

  1. Sebagai bentuk penyatuan entitas memasuki Hari Pendidikan Nasional 2016 nanti, kita akan menjiwai aktivitas keterlibatan Masyarakat SM-3T Indonesia tersebut dengan mengacu pada prinsip Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia, bertema ‘SM-3T Menginspirasi’ 
  2. Gerakan Inspiratif tersebut membutuhkan kesolidan partisipasi bersama dari Khalayak Masyarakat SM-3T Indonesia, baik Anda sekarang dalam kepesertaan SM-3T, PPG SM-3T, GGD dan atau Profesi lainnya. 
  3. Bersamaan dengan itu, kami pun mendorong bangunan jejaring publikasi yang terpacu secara serentak dan saling terhubung satu sama lain pada saat pelaksanaan serangkaian kegiatan nantinya.
 Logo Hardiknas 2016 Khas Masyarakat SM-3T Indonesia.

B. Panduan Teknis
1. Kegiatan Hari Pertama (Minggu, 1 Mei 2016)
  • a) Silakan mengganti atribut Display Picture (DP)/Foto Profil masing-masing akun media sosial kita dan Sampul Group segala yang berkaitan dengan identitas Program di bawah naungan Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia dengan Logo ‘SM3THardiknas2016’. Logo yang dimaksud akan dirilis tiga hari sebelumnya (28 April 2016) di Group Facebook Masyarakat SM-3T Indonesia. 
  • b) Silakan ditweet Logo tersebut di Twitter dan memberikan mention/menandai akun @kemristekdikti, @Kemdikbud_RI, @SM3TRI dengan mencantumkan Hashtag #SM3THardiknas2016. Selain di Twitter, kita pun bisa mempublikasikan logo tersebut di berbagai media sosial yang ada dengan tetap mengacu pada penandaan dan Hashtag yang sama.
2.  Kegiatan Hari Kedua (Senin, 2 Mei 2016)
  • a) Kegiatan serentak dan seragam kita selenggarakan pada hari ini yaitu dengan mempublikasikan video testimoni kebermanfaatan program SM-3T dan atau PPG SM-3T bagi Anda (bergantung titik berat pengaruh pengalaman dan atau posisi Anda sekarang). Silakan Anda menggunakan atribut SM-3T atau PPG SM-3T pada saat merekam Video testimoni kebermanfaatan yang dimaksud. Rekaman audiovisual tersebut, selanjutnya diposting di Twitter dan memberikan mention/menandai akun @kemristekdikti@Kemdikbud_RI@SM3TRI  dengan mencantumkan kategori Hashtag, seperti yang diatur pada poin (f). 
  • b) Selain kegiatan seragam tersebut, pada hari ini, di berbagai penjuru Indonesia, kita bisa melaksanakan berbagai program kontekstual yang sifatnya insidentil berdasar jangkauan komunitas domisili atau kategori kepesertaan Anda sekarang. Silakan dipastikan bahwa kegiatan tersebut bermuara pada pemaparan realitas, penyampaian aspirasi, pengungkapan inspirasi proses dan bukti perubahan pendidikan yang telah dan sementara diproses oleh Program SM-3T dan PPG SM-3T, semisal; pameran karya, karnaval pendidikan, pawai seni budaya, simposium guru masa depan, semarak kreativitas pendidik, aksi berbagi simpati, kampanye peduli daerah 3T, dan lain-lain. Dokumentasi agenda ini, silakan diposting di Twitter dan memberikan mention/menandai akun @kemristekdikti@Kemdikbud_RI@SM3TRI dengan mencantumkankategori Hashtag, seperti yang diatur pada poin (f). 
  • c) Pada hari ini juga, kita bisa merintis kehadiran ‘Base Care’ di tiap persebaran pusat kabupaten atau basis provinsi domisili Masyarakat SM-3T Indonesia. Mari menginisiasi terbentuknya simpul-simpul gerakan belajar, konsolidasi kreativitas dan kepedulian satu sama lain, semisal berdirinya rumah singgah, bilik belajar, taman baca, Lubuk Hati (Lumbung Buku bagi Harapan Daerah 3T Indonesia), dan lain-lain. Dokumentasi agenda ini, silakan diposting di Twitter dan memberikan mention/menandai akun @kemristekdikti@Kemdikbud_RI@SM3TRI dengan mencantumkan kategori Hashtag, seperti yang diatur pada poin (f). 
  • d) Berkaitan dengan dokumentasi testimoni kebermanfaatan program, kegiatan insidentil dan atau pendirian ‘Base Care’ di atas yang direkam dalam format video, kita mengatur bobotnya maksimal 450 Mb dan durasi paling lama 9 menit. Silakan dimulai video tersebut dengan menyebutkan Identitas, Kategori Peserta dan Nama Domisili Anda saat video tersebut direkam. Selain dalam bentuk Video, dokumentasi kegiatan juga bisa dalam format lain, asal konten di dalamnya dipastikan tersampaikan secara terarah dan lugas kepada pembaca. 
  • e) Di luar media Twitter, kita juga bisa mempublikasikan video dan dokumentasi lain tersebut di berbagai kanal informasi yang ada dengan tetap mengacu pada penandaan dan Hashtag yang sama.
  • f)  Pencantuman kategori (Hashtag) postingan kita di media sosial bergantung konten video atau dokumentasi yang kita muat, diatur sebagai berikut; 

  1. Video Testimoni atau Dokumentasi Kegiatan Insidentil menyangkut SM-3T, silakan diberikan Hashtag #SM3TPengabdi3T 
  2. Video Testimoni atau Dokumentasi Kegiatan Insidentil terkait PPG SM-3T, silakan diberikan Hashtag #PPGSM3TSiapGuruMasaDepan 
  3. Video Testimoni atau Dokumentasi Kegiatan Insidentil perihal GGD dan Profesi alumni lainnya atau berasal dari Alumni PPG SM-3T, silakan diberikan Hashtag #AlumniPPGSM3TGuruMasaDepan 
  4. Dokumentasi Rintisan ‘Base Care’, silakan diberikan 2 Hashtag 
  • #BaseCareSM3T’NamaKabupaten/Provinsi’, misalnya; #BaseCareSM3TSumateraUtara 
  • #BaseCareSM3TIndonesia 
3. Kegiatan Hari Ketiga (Selasa, 3 Mei 2016)
  • a) Pada hari ini, kita tiba pada suasana duka dan doa mendalam bagi para sahabat juang kita rekan SM-3T, PPG SM-3T dan Alumni PPG SM-3T yang telah berpulang kepada-Nya. Kami mengundang para Khalayak SM-3T Indonesia untuk bergabung melintas jarak, meleburkan segala perbedaan demi menyatu dalam frekuensi pengharapan yang sama, pada pukul 20.00 Wita untuk serentak mendoakan para Almarhum/Almarhumah yang telah mendahului kita.
  • b) Satu jam setelahnya, pukul 21.00-22.00 Wita, mari menyebarluaskan doa, keprihatinan dan hatur duka kita tersebut di Twitter dan memberikan mention/menandai akun @kemristekdikti@Kemdikbud_RI@SM3TRI dengan mencantumkan Hashtag #DoaBagiPejuangSM3T #SM3TBertaruhNyawa. Selain di Twitter, kita bisa menyebarluaskannya di berbagai media sosial yang ada, tetapi tetap mengacu pada penandaan dan Hashtag yang sama 
4. Kegiatan Tentatif Hari Selanjutnya (4-31 Mei 2016)
  • Bagi teman-teman yang tak sempat melaksanakan kegiatan serentak dan seragam pada tanggal 1-3 Mei 2016, kita masih bisa menyelenggarakan program setelah tanggal 3 Mei 2016 tersebut, dengan tetap mengacu pada panduan teknis Kegiatan Hari Pertama dan Kedua, tertanggal 1 dan 2 Mei 2016 di atas. 
Demikian disampaikan kepada Masyarakat SM-3T Indonesia di manapun kita berada sekarang. Agar didasari oleh niat ikhlas Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia serta ditindaklanjuti sesuai batas usaha dan kemampuan kita. Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami menghaturkan limpah terima kasih.


Base Care Makassar, 18 April 2016 
Salam kami, 


Tertanda, 
Akhiruddin HaeR 
Masyarakat SM-3T Institute 

Download file:
loading...
loading...

0 Response to " Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2016 Untuk Guru SM-3T di Seluruh Indonesia "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.