Kunci Jawaban Ujian Akhir Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 (Biologi Peminatan)

UJIAN AKHIR SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Mata Pelajaran : Biologi (Peminatan)
Kelas : X MIA
Waktu : 90 Menit
Guru : Irfan Dani, S.Pd.,Gr

I. Objektif – Pilihlah satu jawaban yang benar 


1. Cabang dari ilmu biologi yang mempelajari tentang fungsi alat-alat tubuh mahluk hidup adalah....
A. virologi
B. fisiologi
C. sitologi
D. histologi
E. anetesi

2. Perhatikan gambar!

Gambar diatas menunjukan keanekaragaman hayati tingkat....
A. gen
B. spesies
C. polulasi
D. komunitas
E. ekosistem

3. Beberapa ciri mikroorganisme sebagai berikut.
1) mampu bereproduksi
2) sel bersifat prokariotik
3) sel bersifat eukariotik
4) tubuh tersusun dari asam nukleat
5) hanya dapat hidup dan berkembang di sel hidup
Berdasarkan ciri-ciri mikroorganisme di atas, yang termasuk ciri-ciri virus adalah . . .
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 4, dan 5
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 5
E. 3, 4, dan 5

4. Beberapa ciri mikroorganisme sebagai berikut.
1) uniseluler
2) multiseluler
3) mikroskopis
4) sel Bersifat prokariotik
5) sel bersifat eukariotik
Berdasarkan ciri-ciri mikroorganisme di atas, yang termasuk ciri-ciri bakteri adalah adalah . . .
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 5
E. 3, 4, dan 5

5. Perhatikan gambar berikut ini:


Berdasarkan ciri yang dimilikinya , organisme tersebut termasuk dalam kelas....
A. Ciliata
B. Flagellata
C. Sporozoa
D. Rhizophoda
E. Sarcodina

6. Jamur tidak dapat digolongkan ke dalam dunia tumbuhan disebabkan karena....
A. dinding selnya dari kitin atau selulosa
B. hifanya ada yang tidak bersekat melintang
C. membentuk spora
D. tidak memiliki klorofil
E. bersifat autotrof

7. Perhatikan gambar berikut!
Bagian tubuh jamur yang ditunjuk nomor 1,2 dan 3 berturut-turut adalah....


A. hifa, miselium, spora
B. hifa, miselium, tudung
C. tudung, rhizoid, hifa
D. miselium, spora, hifa
E. miselium, spora, rhizoid

8. Pernyataan yang tidak benar tentang ascomycota adalah....
A. memiliki hifa bersekat
B. membentuk tubuh buah
C. tubuh uniseluluer/multiseluler
D. mengahasilkan spora
E. reproduksi vegetatif dengan sporangiospora

9. Perhatikan gambar!

Berdasarkan ciri-ciri diatas, jamur tersebut termasuk ke dalam divisi…….
A. Oomycota
B. Zygomicota
C. Deuteromycota
D. Basidiomycota
E. Ascomycota

10. Jamur yang berperan dalam pembuatan tempe adalah....
A. Aspergillus oryzae
B. Aspergillus wentii
C. Rhizopus oryzae
D. Mucor mucedo
E. Penicilium roqueforti

11. Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri utama dari kelompok Plantae adalah....
A. eukariotik
B. multisluluer
C. memiliki klorofil
D. memiliki dinding sel
E. memiliki pembuluh angkut

12. Seorang siswa menemukan tumbuhan kecil yang tumbuhnya menempel di tembok sekolah dengan ciri-ciri berukuran ± 1cm, memiliki akar sederhana berbentuk benang, daunnya sangat kecil, dibagian ujung atas terdapat struktur berbentuk bulat lancip berwarna kecoklatan. Tumbuhan tersebut adalah....
A. Spermatophyta
B. Gymnospermae
C. Angiospermae
D. Pteridophyta
E. Bryophyta

13. Perhatikan skema metagenaesis lumut berikut ini!

X dan Y secara berurutan menunjukan....
A. Protalium dan zigot
B. Protonema dan protalium
C. Protonema dan zigot
D. Zigot dan sel induk
E. Sporozoid dan zigot

Revisi Soal:

13. Perhatikan skema metagenaesis lumut berikut ini!

X dan Y secara berurutan menunjukan....
A. Protalium dan zigot
B. Protonema dan protalium
C. Protonema dan zigot 
D. Zigot dan sel induk
E. Sporozoid dan zigot

*Untuk Soal No 13 Dijadikan Soal Bonus

14. Berikut ini yang merupakan ciri khas dari kelompok Spermatophyta adalah ....
A. memiliki akar serabut
B. menghasilkan biji
C. mengahasilkan biji berkeping dua
D. belum memiliki pembuluh angkut xylem dan floem
E. daun berbentuk sempit dan tebal

15. Ciri berikut yang bukan merupakan organisme Kingdom animalia adalah....
A. eukariotik
B. uniseluler dan multiseluler
C. dapat bergerak
D. heterotrof
E. tidak memiliki dinding sel

16. Berdasarkan cirinya, hewan pada gambar berikut ini termasuk kelompok...

A. Mollusca
B. Annelida
C. Platyhelminthes
D. Echinodermata
E. Antrhtophoda

17. Di bawah ini yang bukan merupakan komponen abiotik adalah....
A. tanah
B. mikroorganisme
C. sinar matahari
D. air
E. udara

18. Perhatikan jaring-jaring makanan berikut.
Burung elang berperan sebagai....
A. produsen dan Konsumen II
B. konsumen I dan konsumen II
C. konsumen II dan dan Konsumen III
D. konsumen II dan konsumen III
E. konsumen II, III dan IV

19. Organisme yang membutuhkan karbon dalam bentuk CO2 adalah...
A. produsen melalui respirasi
B. produsen melalui fotosintesis
C. konsumen melalui metabolisme
D. bakteri melalui penguraian
E. parasit melalui inang

20. Penggunaan CFC pada alat pendingin, pengharum ruangan, dan penyemprotan obat pembasmi hama secara terus menerus akan berdampak terhadap lingkungan khususnya...
A. menyebabkan kematian organisme
B. menyebabkan pemanasan global
C. menyebab terjadinya hujan asam
D. menyebab efek rumah kaca
E. menyebab penipisan ozon

II. Essay – Tulislah jawaban dengan benar

  1. Jelaskan langkah-langkah dalam metode ilmiah. 
  2. Jelaskan masing-masing 2 alasan kenapa virus digolongkan sebagai benda mati dan virus sebagai makhluk hidup 
  3. Sebutkan 2 perbedaan antara bryophyta dengan pteridophyta. 
  4. Sebutkan 9 filum hewan invertebrata. 
  5. Sebutkan satu jenis pencemaran yang telah terjadi di labuhanhaji, apa penyebabnya, dan apa usaha yang bisa kita lakukan untuk mengatasi pencemaran tersebut.
Jawaban:
  1. Jelaskan langkah-langkah dalam metode ilmiah. 
1. Menemukan dan merumuskan masalah

Proses menemukan masalah dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya dengan pengamatan atau observasi. Masalah yang sudah ditemukan dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya, ringkas, jelas, dan bermakna.

2. Mengumpulkan informasi (data-data pendukung)

Informasi dan data-data pendukung dapat ditemukan melalui studi kepustakaan, observasi (pengamatan langsung) terhadap objek yang akan diteliti, serta mewawancarai para ahli. Studi kepustakaan dapat dilakukan dengan membaca buku referensi, jurnal, laporan hasil penelitian orang lain, majalah ilmiah, koran, dan internet. Dari pengamatan langsung terhadap objek yang akan diteliti akan diperoleh informasi fakta yang sebenarnya.

3. Menyusun hipotesis atau dugaan sementara

Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap suatu masalah. Hipotesis ini akan diuji kebenarannya melalui percobaan atau eksperimen. Hipotesis dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu hipotesis nol (hipotesis statistik) dan hipotesis kerja (hipotesis alternatif).

4. Melakukan percobaan untuk menguji kebenaran hipotesis

a. Tahap persiapan percobaan

Sebelum percobaan dilakukan, perlu dirancang model percobaan terlebih dahulu. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang percobaan, antara lain :
· Menentukan alat dan bahan
· Menyusun cara kerja
· Penjabaran variabel

Dalam merancang suatu percobaan, perlu dipilih variabel yang sesuai dengan tujuan percobaan dan alat/bahan yang tersedia. Variabel dalam percobaan dapat dibedakan menjadi :

a. Variabel bebas (variabel manipulasi) adalah perlakuan yang berbeda-beda dalam percobaan.
b. Variabel terikat (variabel respons) adalah hasil dari perlakuan yang berbeda-beda pada percobaan.
c. Variabel control (variabel terkendali) adalah perlakuan yang sama pada semua percobaan.
d. Variabel pengganggu adalah variabel yang tidak dikehendaki tetapi dapat memengaruhi hasil percobaan.

· Menentukan waktu percobaan
· Uji coba model percobaan

b. Tahap perlakuan percobaan

Dalam percobaan terdapat dua kelompok, yaitu kelompok yang tidak diberikan perlakuan (kelompok kontrol) dan kelompok yang diberi perlakuan (eksperimen).

Pengamatan dan pencatatan data hasil percobaan diusahakan seteliti mungkin agar diperoleh data kualitatif maupun kuantitatif yang akurat. Alat ukur yang digunakan harus terstandardisasi. Percobaan sebaiknya dilakukan beberapa kali pengulangan untuk mendapatkan data yang sahih (kebenarannya dapat dipercaya). Data hasil percobaan final adalah rata-rata dari hasil pengulangan percobaan.

5. Mengolah hasil percobaan (analisis data)

Analisis data kuantitatif memerlukan perhitungan statistik. Untuk tingkat SMA, data kuantitatif yang didapat cukup dibuat rata-ratanya, diubah dalam bentuk persentase dan dibuat grafik. Hasil analisis data kualitatif dan data kuantitatif digunakan untuk menjawab hipotesis dan sebagai dasar untuk menarik kesimpulan.

6. Membuat kesimpulan

Kesimpulan merupakan jawaban yang sebenarnya dari hipotesis yang pernah diajukan. Ada dua kemungkinan, yaitu hipotesis ditolak atau hipotesis diterima. Hipotesis diterima apabila sesuai dengan hasil percobaan. Namun, bila hipotesis tidak sesuai dengan hasil percobaan, maka hipotesis ditolak.

7. Mengomunikasikan hasil penelitian

Hasil penelitian ilmiah dapat dikomunikasikan atau dipublikasikan kepada orang lain dalam bentuk laporan tertulis atau melalui forum diskusi dan seminar. Teknik dan prosedur penulisan laporan penelitian dalam bentuk makalah mengandung unsur-unsur berikut ini.

a. Judul, berupa kalimat yang singkat dan padat, tetapi dapat menggambarkan isi makalah.
b. Abstrak, berisi uraian singkat masalah mulai dari nama penulis, judul makalah, latar belakang permasalahan, tujuan penelitian, teknik pengambilan data dan pengolahan data, serta hasil penelitian.


2. Jelaskan masing-masing 2 alasan kenapa virus digolongkan sebagai benda mati dan virus sebagai makhluk hidup


Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama