loading...

Tipe-Tipe Siswa Pada Waktu Ujian

loading...
Ujian sekolah merupakan kegiatan yang seharusnya di hadapi dengan serius oleh setiap siswa. Namun walaupun begitu, ada-ada saja hal konyol dilakukan oleh sebagian kecil siswa yang tidak serius dalam melaksanakan ujian, khususnya bagi mereka yang malas belajar atau tidak memiliki persiapan matang.

Sebenarnya hal-hal konyol tersebut seharusnya tidak dilakukan karena mencerminkan kedangkalan wawasan dan pemikiran yang tidak logis sesuai dengan kajian ilmu. Namun walaupun begitu siswa kerap kali melakukannya setiap mengikuti ujian.

Berikut ini adalah macam-macam tipe siswa dalam mengikuti ujian.

1. The Flash (Siswa Kilat), siswa ini mampu menyelesaikan ujian dalam hitungan menit saja sementara waktu yang disediakan dalam hitungan jam. Disini ada 2 kemungkinan bisa terjadi, pertama siswa benar-benar sudah menguasai dengan baik materi soal atau tidak tahu sama sekali apa yang mau mereka jawab dan memutuskan asal isi saja agar bisa segera menyelesaikan ujian dengan cepat.

2. Superboy (Siswa Super), siswa ini sungguh hebat dan memiliki kekuatan super, Saking hebatnya mereka mengisi lembar jawaban objektif melebihi jumlah soal yang ada. Jika ini dilakukan siswa, ada dua kemungkinan yang menyebabkan ini terjadi, Pertama terjadi kesalahan dalam pengisian atau yang kedua siswa tidak membaca sama sekali jumlah soal dan mengisi semua jawaban objektif yang tersedia dilembar jawaban sampai habis.

3. Siswa Konsisten, Beda dengan superboy, siswa ini lebih memilih mengosongkan lembar jawaban objektif dan hanya menjawab soal yang ia pahami. Alasan siswa yang begini mungkin dia adalah tipe manusia konsisten, hanya yakin pada apa yang dia tahu, dan mememilih mengabaikan peluang dari pilihan jawaban lainnya.

4. Sleepingman (Siswa tidur)
. Siswa tipe ini merupakan ciri anak yang suka bekerja keras sebelum mengikuti ujian. Mungkin saja karena faktor lembur belajar tadi malam atau bisa saja lembur mengerjakan kegiatan yang tidak berhubungan dengan ujian.

5. Spyman (Si pengintai).
Tipe ini adalah siswa yang suka menggelengkan kepala kekanan dan kekiri dan sekali-kali menghadap kebelakang. Kehebatannya kepala bisa berputar 360 layaknya burung hantu.



6. Magicman( Si Pesulap). Siswa ini suka membuat trik-trik hebat dalam menyembunyikan kertas contekan apalagi saat pegawas ujian datang menghampirinya.

7. Ibu Arisan. Keanehan tipe siswa yang satu ini adalah melakuan adu peruntungan dengan membuat undian jawaban dalam bentuk kertas arisan . Kemudian dikocok dengan tangan. Kertas yang keluar akan dibuka dan jawaban A/B/C/D/E yang keluar akan dijadikan jawaban untuk mengisi kertas ujian.

8. Anak saleh, siswa tipe ini melakukan kekonyolan dengan menjadi metode zikir dengan jari tangan untuk menentukan jawaban  objektif ujian.

9. Hightech, ini salah satu efek negatif kecanggihan teknologi, siswa tipe ini menggunakan smartphone untuk mencari jawaban tanpa sepengetahuan pengawas ujian.

10. Buah baju,
siswa isi menggunakan metode peruntungan dengan menghitung jumlah buah baju untuk mengundi jawaban dari pertanyaaan objektif.

11.Pensil ajaib,
Hampir sama dengan diatas, Sisi pensil yang bermbentuk segi enam digunakan untuk mengundi jawaban. Masing-masing sisi di tulisan A/B/C/D/E kemudian digulingkan. Huruf yang muncul adalah jawaban yang diaggap benar.

12. Seniman, siswa ini termasuk anak yang memiliki jiwa seni tinggi, anak ini melukis atau mengambar di dalam kertas jawaban maupun soal ujian. Lalu mengumpulkannya.

13. Hipnoterapi,
siswa tipe ini sangat serius memperhatikan mata si pengawas ujian sepersi Romi Rafael Bintang Sulap di TV. Pada umumnya metode ini digunakan oleh siswa yang akan mencontek agar terhindar dari pantauan si pengawas.

14. Pencopet, tipe siswa yang satu ini harus diwaspadai oleh siswa yang lain kerena lengah sedikit lembar jawaban teman disebelahnya bisa hilang dan perpindah ke meja siswa ini. Siswa yang biasa melakukan cara ini biasanya adalah siswa jagoan di kelas yang ditakuti oleh teman-temannya.

15. Petapa, siswa ini tidak menggangu peserta lainnya. Kerjanya cuma bermenung seperti seorang petapa, dan lama kelamaan bisa menjadi sleepingmen.
16. Aktivis, tipe ini adalah kebalikan dari tipe sipetapa. Siswa aktivis disaat ujian sibuk mengumpulkan contekan-contekan dari teman-temannya dan memilih jawaban yang benar menurut pendapat pribadinya.

Sebenarnya masih banyak tipe-Tipe siswa pada waktu ujian namun untuk hari ini saya jabarkan 16 Tipe dahulu, nanti disambung lagi....

Salam Pak Pandani
Loading...
loading...

0 Response to " Tipe-Tipe Siswa Pada Waktu Ujian "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.