Cara Daftar Program Nusantara Sehat

Apa itu program Nusantara Sehat?

Program Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes dalam upaya mewujudkan fokus kebijakan tersebut. Program ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diutamakan oleh Pemerintah guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Penguatan Pelayanan Kesehatan Primer adalah garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan dan melakukan upaya preventif melalui pendidikan kesehatan, konseling serta skrining (penapisan). 

Kementerian Kesehatan melaksanakan program Nusantara Sehat sejak tahun 2015, telah mengerahkan 694 orang tenaga kesehatan ditempatkan pada 120 lokus puskesmas pada 48 Kabupaten/Kota di 15 Provinsi se Indonesia, meliputi 9 jenis tenaga kesehatan, yaitu dokter, dokter gigi, perawat, bidan, kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan, ahli teknologi laboratorium medik, gizi, dan kefarmasian.

Pada Juni 2016 Kementerian Kesehatan penempatkan 194 orang tenaga kesehatan pada periode I tahun 2016, dan mulai 27 Juni 2015 kembali membuka peluang bagi Putra dan Putri Bangsa untuk bergabung menjadi Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat Periode II tahun 2016 yang akan ditempatkan pada 92 lokus puskesmas.

Cara program Nusantara Sehat?
  1. Memenuhi persyaratan yang ditentukan: Lihat Disini
  2. Melakukan pendaftran online. Untuk pendaftran online silahkan simak tutorial berikut ini:
  • Apabila periode sebelumnya sudah pernah mendaftar dapat menggunakan akun yang lalu untuk login dan untuk selanjutnya peserta langsung mengisi form pendaftaran yang diminta.
  • Registrasi pendaftaran telah terkirim ke alamat email pendaftar (cek kontak masuk/spam). Apabila tidak mendapatkan email konfirmasi silahkan langsung login dan akan mendapatkan tombol resend untuk mengulang kembali mengirimkan email konfirmasi ke email pendaftar.
  •  Masuk ke email dan aktifkan email registrasi pendaftaran.
  •  Setelah itu masukkan username & password pendaftar.
  • Setelah Login akan diminta memilih posisi sesuai dengan profesi peserta.
  • Setelah memilih profesi, kemudian mengisi informasi data – data calor peserta. Halaman ini merupakan informasi dasar yang harus dalam mengisi data user peserta Nusantara Sehat.


  • Informasi Dasar yang harus diinputkan oleh calon peserta adalah sebagai berikut : 
  1. Informasi Dasar 
  2. Profil Online 
  3. Photo Profil 
  4. Klik tombol Simpan untuk menyimpan data informasi dasar
  • Untuk file yang diupload berbentuk pdf yang masing-masing berukuran 250kb dan pas foto yang diupload berbentuk jpeg yang berukuran 250kb
  • Informasi Kontak Setelah menyimpan data informasi dasar, peserta akan diminta untuk mengisi informasi kontak

  • Informasi ini untuk mengisi kontak yang terdiri dari: 
  1. Informasi Kontak 
  2. Alamat Sesuai KTP 
  3. Kontak Emergency
  4. Klik tombol simpan untuk menyimpan data informasi kontak
  • Pendidikan Setelah menyimpan data informasi kontak, peserta akan diminta untuk mengisi data pendidikan.

  •  Kemudian mengisi informasi pendidikan yang terdiri dari: 
  1. Pendidikan (pendidikan terakhir) 
  2. Sertifikasi 
  3. Pelatihan 
  4. Beasiswa 
  5. Prestasi 
  6. Klik tombol simpan untuk menyimpan data pendidikan.
* Untuk file yang diupload berbentuk pdf yang masing-masing berukuran 250kb
  • Pengalaman Setelah menyimpan data pendidikan, peserta akan diminta untuk mengisi data pengalaman. Klik jumlah data yang akan diinput. 

  • Setelah itu dilanjutkan dengan mengisi pengalaman yang dimiliki oleh calon peserta, yang terdiri dari: 
  1. Organisasi 
  2. Pengalaman Kerja 
  3. Informasi Tambahan 
  4. Klik tombol simpan untuk menyimpan data pengalaman.
  • Essay Setelah menyimpan data pengalaman, peserta akan diminta untuk mengisi data essay. Essay merupakan isian yang harus dilengkapi oleh calon peserta, essay tersebut harus diisi maskimum sebanyak 150 kata.

  • Kilk simpan untuk menyimpan data essai dan pastikan kelengkapan data yang telah diisi.
  • Preview & Kirim Setelah menyimpan data essay, maka pengisian data telah selesai dan akan masuk ke dalam menu prieview & kirim. Pilih cetak data pendaftaran untuk mencetak bukti pendaftaran.

Selamat Mencoba!

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama