Download Lembar Kerja (LK 1.1) Pelatihan Kurikulum 2013

loading...
LEMBAR KERJA 1.1

ANALISIS DOKUMEN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN, KOMPETENSI INTI, KOMPETENSI DASAR, DAN SILABUS

Lembar Kerja (LK) 1.1 ini akan memandu Anda melakukan analisis keterkaitan delapan komponen yaitu Standar Kompetensi Lulusan/SKL, Kompetensi Inti/KI, Kompetensi Dasar/KD, Indikator Pencapaian Kompetenasi/IPK, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Penilaian, dan Pelaporan. Khusus pelaporan akan disajikan tersendiri pada LK 4 sehingga pada LK 1.1 ini Anda akan mempelajari tujuh komponen. Tolok ukur ketercapaian SKL dilakukan melalui ketercapaian KI, tolok ukur ketercapaian KI dilakukan melalui ketercapaian KD, sedangkan tolok ukuketercapaikan KD dilakukan melalui katercapaian IPK. Ketepatan dalam merumuskan IPK akan mempengaruhi efektifitas proses pembelajaran dan ketepatan pemilihan alat penilaian. Analisis kompetensi dilakukan untuk melihat keterkaitan dan keselarasan antarkomponen dimaksud dan hasilnya digunakan untuk melihat ketercapaian kompetensi. Untuk hal tersebut, maka lakukan langkah-langkah analisis kompetensi sebagaimana pada Tabel 1.

Tabel 1. Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, IPK, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian
Sebelum Anda mempraktikkan LK 1.1 untuk memproduk hasil kerja seperti pada Tabel 1 di atas, ikuti satu persatu instruksi kerja berikut.

1. Baca Modul 1 Unit 1 pahami alur analisis kompetensi yang melibatkan tujuh komponen kemudian padukan dengan penjelasan pada Gambar 1 berikut.

Gambar 1. Tahapan Analisis Kompetensi

2. Pahami lebih detail komponen 4 dan 5 pada Gambar 1 dengan bantuan Gambar 2. Pada Gambar 2 tersebut memuat angka-angka yang menunjukkan urutan berpikir. Oleh karena itu Anda harus memahami penjelasan sesuai urutan angka pada Gambar 2 tersebut.

 Gambar 2. Alur Mengembangkan IPK 
(*) Apabila setelah proses pembelajaran kemampuan peserta didik ada yang melewati "menganalisis" harap dicatat sebagai capaian pengayaan (catatan ini akan menjadi bahan deskripsi sebagai capaian "istimewa" (pengayaan). Artinya, pemilihan kata kerja operasional pada KD bukan untuk membatasi, melainkan rambu-rambu yang memperlihatkan tahapan tingkat kesulitan, pencapaianya boleh saja melewati, sepanjang kemampuan yang utama (menerapkan) dikuasai dengan baik

3. Setelah memahami cara mengembangkan IPK dari pasangan KD pengetahuan dan KD keterampilan seperti pada Gambar 2 di atas, lanjutkan dengan merancang pembelajaran dan penilaian seperti alur pada Gambar 3 berikut.

 Gambar 3. Alur Merancang Pembelajaran dan Penilaian
4. Setelah memahami modul 1 unit 1, kemudian memahami alur analisis kompetensi, alur merumuskan IPK, dan alur merancang pembelajaran dan penilaian, maka terapkan pemahaman tersebut (2 sampai dengan 3 orang dalam satu kelompok) memilih satu pasangan KD pengetahuan dan KD keterampilan, kemudian rumuskan IPK dari pasangan KD tersebut. Tentukan materi pokok dan materi pembelajaran pada pasangan KD/IPK tersebut, rancangkan pembelajaran dan penilaian yang sesuai. Hasil kerja tersebut digunakan untuk mengetahui keterkaitan dan keselarasanantarkomponen dan hasilnya dapat digunakan untuk melihat ketercapaian kompetensi, produk kerja Anda masukkan ke tabel berikut.

Hasil Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, IPK, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian.



Download File:
loading...

0 Response to " Download Lembar Kerja (LK 1.1) Pelatihan Kurikulum 2013 "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.