Download Lembar Kerja (LK 4) Pelatihan Kurikulum 2013

LEMBAR KERJA 4

PENGOLAHAN DAN PELAPORAN HASIL BELAJAR

Pada Modul 4 Anda telah mendapatkan pengetahuan tentang tujuan pengolahan penilaian hasil belajar meliputi sikap, pengetahuan dan keterampilan termasuk cara mengolah hasil belajar peserta didik sehingga menjadi laporan utuh ketercapaian kompetensi peserta didik pada setiap mata pelajaran. Ketiga aspek tersebut dinilai menggunakan berbagai teknik sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dalam rangka mengetahui kompetensi akhir hasil belajar untuk satu semester. Agar Anda memiliki pengetahuan dan pemahaman yang utuh serta dapat menerapkan pengetahuan tersebut dengan baik, maka sebelum mengerjakan LK 4 ini terlebih dahulu bacalah Panduan Penilaian SMA yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaantahun 2015. Produk dari LK ini adalah jurnal pencapaian sikap spiritual dan sikap sosial, pengolahan penilaian pengetahuan, deskripsi kompetensi pengetahuan, rekap dan pengolahan nilai keterampilan, dan deskripsi kompetensi keterampilan.

1. Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
  • Tentukan indikator sikap spiritual dan sikap sosial yang akan Anda amati pada setiap peserta didik. 
  • Dengan menggunakan format Jurnal, catatlah semua perilaku peserta didik yang sangat baik (positif) dan kurang baik (negatif) dengan asumsi bahwa setiap peserta didik pada dasarnya berperilaku baik. 
  • Kelompokkan atau tandai catatan-catatan sikap peserta didik yang memperlihatkan perilaku Sangat Baik (SB) dan atau perilaku Perlu Bimbingan (PB) kemudian dituliskan dalam jurnal baik sikap spiritual maupun sikap sosial. 
  • Buatlah rekapitulasi sikap dalam jangka waktu satu semester (gunakan hasil penilaian yang telah Anda bawa). 
  • Buatlah rumusan deskripsi singkat sikap spiritual dan sikap sosial dengan menggunakan kalimat yang mencerminkan perilaku sikap spiritual yang menonjol positif dan sikap yang perlu bimbingan berdasarkan catatan-catatan jurnal untuk setiap peserta didik pada kolom yang telah disediakan. 
  • Khususnya bagi Anda yang mendapatkan tugas sebagai wali kelas, maka kumpulkan deskripsi singkat sikap dari guru mata pelajaran dan guru BK, kemudian perhatikan deskripsi singkat sikap spiritual dan sosial tersebut untuk disimpulkan menjadi rumusan deskripsi pencapaian sikap spiritual dan sosial setiap peserta didik pada akhir semester. 
  • Masukkan hasil kerja langkah Nomor 1 - 6 ke dalam tabel berikut.
Tabel 1. Jurnal Pecapaian Kompetensi Sikap Spiritual.


Download File:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama