Google Doodles: Selamat Ulang Tahun ke-148 Karl Landsteiner (Si Penemu Penggolongan Darah A,B, AB, dan 0)

loading...
Hari ini Google doodles menampilkan gambar seorang tokoh yang sedang menggunakan seragam kas peneliti dilaboratorium. Jika di klik play maka akan muncul 4 macam tabung reaksi yang berisi darah berdasarkan golongannya, yakni A. B, AB, dan 0.

Siapakah tokoh ini?

Tokoh ini adalah si penemu penggolongan darah A,B, AB, dan 0 yang mungkin sudah diketahui masyarakat pada umumnya. Si penemu ini bernama Karl Landsteiner.

Karl Landsteiner lahir pada tanggal 14 Juni 1868 dan meninggal dunia pada tanggal 26 Juni 1943 pada umur 75 tahun. Ia adalah seorang ilmuwan berkebangsaan Austria-Amerika. Lahir sebagai seorang Yahudi, Karl Landsteiner mengubah kepercayaan agamanya menjadi seorang Katolik Roma pada tahun 1890. Ialah tokoh yang menemukan bahwa darah manusia terbagi menjadi 4 jenis golongan yang sekarang dikenal dengan golongan darah A, B, AB, dan 0. Dengan penemuannya tersebut, orang dapat mentransfusi darahnya dengan aman dan tidak sembarangan dalam mentransfusi darah.


Berikut ini tentang fakta menarik lainnya tentang Landsteiner:
  1. Ia termasuk tokoh yang berhasil menemukan virus polio di tahun 1909.
  2. Menerima nobel prize di bidang fisiologi pada 1930
  3. Pengembangkan penemuan lewat metode transfusi darah (dijuluki Bapak transfusi)
Karl Landsteiner [Foto: wikipedia]
loading...

0 Response to " Google Doodles: Selamat Ulang Tahun ke-148 Karl Landsteiner (Si Penemu Penggolongan Darah A,B, AB, dan 0) "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.