loading...

Karakteristik Literasi Sains

loading...
Sesuai dengan definisi literasi sains, maka karakteristik asesmen PISA terdiri atas 4 (empat) komponen yang saling terkait antara yang satu dengan lainnya. Masing-masing komponen tersebut dapat diuraikan sebagai berikut.

a. Konteks: mengenal situasi kehidupan yang melibatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Konteks sains terdiri atas personal, sosial, dan global seperti: kesehatan, sumber daya alam, lingkungan hidup, bencana alam, dan pemanfaatan sains dan teknologi.

b. Pengetahuan: memahami alam atas dasar pengetahuan ilmiah yang mencakup pengetahuan tentangalam, dan pengetahuan tentang ilmu pengetahuan itu sendiri. Aspek-aspek pengetahuan terdiri atas: physical systems(sistem materi, perubahan kimia, reaksi kimia, gerak dan daya, energi), living systems(manusia, hewan, dan tanaman, ekosistem, biosfeer), earth and space systems(kebumian dan ruang angkasa), technology systems(ilmu pengetahuan dan teknologi).

c. Kompetensi: menunjukkan kompetensi sains yang mencakup mengidentifikasi isu-isu ilmiah, menjelaskan fenomena ilmiah, dan menggunakan bukti ilmiah.

d. Sikap: menunjukkan minat dalam ilmu pengetahuan, dukungan terhadap penyelidikan ilmiah, dan motivasi untuk bertindak secara bertanggung jawab terhadap, misalnya sumber daya alam dan lingkungan.

Download file
loading...
loading...

0 Response to " Karakteristik Literasi Sains "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.