Pengertian Higher Order Thinking Skills (HOTS)

loading...
Implementasi HOTS pada konteks asesmen, secara sederhana bukan hanya meminimalisir kemampuan mengingat kembali informasi (recall), tetapi lebih mengukur kemampuan: 1) transfer satu konsep ke konsep lainnya, 2) memproses dan menerapkan informasi, 3) mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda, 4) menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah, dan 5) menelaah ide dan informasi secara kritis. Meskipun demikian, soal-soal yang berbasis HOTS tidak berarti soal yang lebih sulit daripada soal recall.

Anderson & Krathwohl (2001) mengklasifikasi dimensi proses kognitif sebagai berikut.

Tebel. Domain Proses Kognitif 

Berdasarkan pendapat Anderson & Krathwohl (2001) di atas maka domain proses kognitif yang termasuk dalam  kemampuan  berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) adalah domain analisis (analyze), evaluasi (evaluate), dan mencipta (create).  Domain proses kognitif tersebut yang digunakan  sebagai salah satu acuan untuk menyusun asesmen standar internasional. 

loading...

0 Response to " Pengertian Higher Order Thinking Skills (HOTS) "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.