loading...

Perkembangan dan Pola Dasar Pendampingan GGD II Kemdikbud (17 Juni 2016)

loading...
Loading...
Kami tulis ini dengan menggenggam sejumlah harap semoga pelaksanaan GGD II bisa berjalan lancar dan bernilai ibadah oleh-Nya. Amiin, amiin, amiin ya Tuhan.

Bisa kami sampaikan beberapa perkembangan penyiapan GGD II sebagai berikut, kami peroleh langsung dari keterlibatan Tim Masyarakat SM-3T Institute sebagai mitra kepanitian pusat GGD II Kemdikbud.

‪#‎Formasi‬ GGD II. Sekarang ini kita masih menunggu ketuk palu keputusan formasi resmi dari KemenPAN-RB yang diprediksi dalam waktu dekat ini, kita sudah memperoleh hasilnya. Sembari menunggu hasil formasi tersebut, dalam beberapa hari terakhir ini, panitia pusat bersama Tim ‪#‎msi‬ juga meramu ulang pengajuan alternatif formasi GGD II, demi agar kesesuaian antara potensi GGD II dengan formasi yang keluar nantinya bisa sepadan. Kami berharap doa dari Anda semoga rumusan formasi yang keluar kelak bisa refresentatif mengakomodir para alumni kita. Hal ini juga berarti bahwa informasi formasi yang beredar selama ini, bisa dipastikan belum final sampai adanya terbitan keputusan resmi dari KemenPAN-RB

‪#‎Penjadwalan‬. Begitupun dengan adanya informasi jadwal pelaksanaan GGD II yang beredar selama ini, bisa dipastikan belum valid sampai adanya terbitan keputusan resmi dari KemenPAN-RB. Tapi bisa dipastikan bahwa setelah adanya keputusan formasi tersebut, maka jadwal dan proses pendaftaran dan pelaksanaan seleksi GGD II akan berlangsung secara cepat dan simultan,

‪#‎Penentuan‬ TUK. Beberapa hari kemarin, telah diundang keseluruhan pengelola LPMP, Admin dan Operator TUK/Tempat Uji Kompetensi (Lokasi Seleksi Kompetensi Dasar) untuk memantapkan penyiapan sistem, operator dan lokasi tes para pendaftar GGD II. Kami tetap berharap agar saat pendaftaran nantinya, para potensi pendaftar memilih kabupaten lokasi tes sesuai dengan alamat domisili yang pernah diisi saat menginput data via google form kita. Selanjutnya, Anda boleh saja berkoordinasi dengan pihak LPMP untuk mengetahui alternatif TUK di wilayah propinsi Anda. Semisal tidak memungkinkan untuk koordinasi itu, juga tidak menjadi masalah, sebab setelah melakukan pendaftaran nantinya, para potensi pendaftar akan mengetahui dengan sendirinya alamat lokasi tes yang bersangkutan.



‪#‎Data‬ Potensi GGD II. Semisal ada di antara rekan-rekan yang belum menginput data potensi GGD II, kami masih membuka kesempatan untuk itu dengan menghubungi Tim Data Potensi GGD kita, atas nama Saudara Mahmud DreamSeeker, Nasruddin Nas

‪#‎Penggiatan‬ kesiapan belajar para potensi GGD II. Sampai saat ini, kesepakatan panitia GGD II Kemdikbud dengan KemenPAN-RB menginformasikan bahwa para pendaftar GGD II nantinya hanya boleh melamar satu kabupaten sasaran dan tetap menggunakan passing grade. Bisa saja kesepakatan ini berubah, pun bisa saja tetap bertahan sampai kita mendapat informasi final saat informasinya diumumkan nantinya di laman CPNS Kemdikbud. Kita harus siap dengan apapun keputusan nantinya. Silakan agar para potensi pendaftar GGD II lebih giat belajar.

‪#‎Begitupun‬ dengan penyiapan secara dini berkas administrasi para potensi pendaftar yang pernah kami informasikan sebelumnya, sebab informasi saat ini menyebutkan bahwa mekanisme pendaftaran GGD II nantinya diawali dengan adanya pengiriman berkas administrasi. Kita bersiap akan hal itu, dengan juga tetap memahami bahwa setelah lulus Seleksi Kompetensi Dasar, masih ada ketentuan lanjutan yakni melulusi seleksi administrasi sehingga pada akhirnya bisa menyandang CPNS GGD II Kemdikbud.

‪#‎Pola‬ pendampingan dasar Potensi GGD II. Mengawali hajatan besar pelaksanaan GGD II; sesuai pengalaman yang sudah ada sebelumya, bisa dipastikan kegiatan ini akan menyita konsentrasi dan fokus koordinasi kita, maka lebih awal agar kita bisa menyiapkan pola koordinasi yang matang untuk para potensi pendaftar.

Kami memberikan pilihan dasar kepada para potensi pendaftar dengan mendistribusi diri dalam pola koordinasi Simpul9 GGD II yang telah kita bentuk sebelumnya. Silakan bagi para Koordinator Kabupaten, Koordinator Propinsi dan Koordinator Prodi yang telah diinisiasi oleh rekan-rekan untuk menguatkan koordinasi sesama anggota dan segera bisa bergabung di dalam Group/Simpul Wilayah Koordinasi yang harus segera dibentuk oleh Simpul9.

Semisal Simpul9 Sumatera diharapkan bisa mengorganisir sekian banyaknya potensi yang berasal dari kabupaten dan propinsi di wilayahnya, begitupun Simpul9 Jawa, Simpul9 Kalimantan, Simpul9 Bali dan Nusa Tenggara, Simpul9 Sulawesi dan Maluku, Simpul9 Papua dan Papua Barat. Silakan dilanjutkan dengan memetakan jumlah update potensi GGD II berdasar program studi di bawah naungan simpul-simpul tersebut.

Perlu dipahami bahwa salah satu metode untuk memaksimalkan daya serap GGD II ini adalah pendistribusian pelamar secara merata dan tak menumpuk pada satu lokasi pilihan pendaftaran nantinya. Setelah berkoordinasi dengan panitia Kemdikbud, kami pun bermaksud membantu para pelamar nantinya untuk setidaknya secara nasional bisa mengarahkan pemerataan pelamaran lokasi yag didaftar oleh peserta nantinya. Selain inisiasi manual tersebut, kita pun telah mendorong agar di sistem pendaftaran CPNS Kemdikbud nantinya, bisa dimunculkan grafik dan progres pelamaran peserta.

Demikian beberapa hal menyangkut perkembangan GGD II. Perubahan dan perkembangan secara signifikan akan kami informasikan melalui group ini, juga Anda bisa peroleh dari Rekan Simpul9 yang telah dibentuk, atas nama Zul Ikram Gharos Jr, Winensi Ginting, Harry Ade Putra Suhayu, Jekson Sitoruspane (Simpul9 Sumatera), Sain Widianto, Muhammad Ali Akbar, Irma Kurniasari, Rahayu Setiyaningrum (Simpul9 Jawa), Tunardi, Abbas Meranyau New (Simpul9 Kalimantan), Abdul Mahyuddin Djou, Taty Pali (Simpul9 Bali dan NTT), Charmi Conny Manansang-Maniku, Sudarwin Win (Simpul9 Sulawesi dan Maluku), Ila Violeta Yayank, Djamal Djafar (Simpul9 Papua dan Papua Barat).

Cc: Ayahanda Agus Susilohadi, Bari Musawwir, Fitriani Anwar, Endriyan Sumaili Endru, Piyu Bebas

Salam kami,
#msi
‪#‎Simpul9‬
loading...
Loading...

0 Response to " Perkembangan dan Pola Dasar Pendampingan GGD II Kemdikbud (17 Juni 2016) "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.