loading...

Bahaya Pistol Mainan di Hari Lebaran

loading...
Loading...
Teinspirasi dari kisah masa kecil,

Dimusim lebaran ini, aneka mainan pistol-pistolan adalah produk yang paling laris dipasaran. Selesai mendapatkan THR dari keluarga, karib dan kerabat biasanya anak-anak akan pergi kepasar atau kedai dekat rumahnya untuk membeli mainan yang mereka inginkan khususnya pistol-pistolan terbaru yang sudah menjadi tradisi sendiri bagi anak-anak di hari lebaran.

Pistol-pistolan merupakan mainan legendaris yang mulai populer di era 90an. Pada mulanya pistol mainan anak-anak hanya menggunakan suara ledakan kecil dengan bentuk pistol revolver, namun seiring perkembangan senjata-senjata mainan anak-anak sekarang sudah berkembang lebih canggih dan menyerupai bentuk pistol asli dengan peluru terbuat dari plastik.

Pistol-pistol mainan tidak hanya di gandrungi oleh anak laki-laki saja, banyak juga anak-anak perempuan yang ikut ikutan beli pistol pistolan dengan alasan untuk ikut bermain dengan anak laki-laki ataupu melindungi diri dari serangan anak lain yang sedang main perang-perangan pistol-pistolan.

Banyak hal negatif yang ditimbulkan oleh mainan pistol-pistolan ini, diantaranya hal yang paling berbahaya adalah dapat menimbulkan kebutaan jika terkena mata, cidera bada bagian tubuh, bahkan dapat menggantu keamanan lalu lintas jika anak-anak bermain di pinggir jalan raya.

Foto: Antara maluku
Perpengalamn pribadi yang saya alami sendiri, banyak anak-anak yang iseng menembakan pistol-pistol mainnan tersebut ke arah mobil, maupun sepeda motor yang lewat di jalan raya. Jika tidak ini dibiarkan terus bisa saja menimbulkan kecelakaan khususnya jika tembakan mengenai pengemudinya.

Ada juga anak-anak yang jahil dengan menembakan pistol ke arah kuda delman sehingga kuda menjadi hilang kedali dan membahayakan lalu lintas.

Baca berita:
Adapaun dari penyebab utama dari perbuatan ini adalah kurangnya kontrol dari orang tua untuk mengawasi anak-anaknya bermain apa? memang pistol adalah mainan anak-anak, tetapi tidak semua anak-anak boleh main pistol-pistolan. Pada umumnya pada label pistol-pistolan resmi telah tertera batasan umur penggunanya, untuk pistol peluru plastik dengan kekuatan sedang dan tinggi hanya diperbolehkan pada kisaran umur di atas 13+ ataupun 15+. namun realitanya sejata yang tergolong bahaya ini bagi anak-anak di gunakan mayoritas oleh usia 3 sampai 12 tahun.

Mari orang tua, diharapkan lebih seleksi untuk memfilter mainan untuk anak-anak anda. dan alangkah lebih baiknya anak-anak kita diajarkan karakter yang baik untuk bisa menggunakan THR mereka untuk membeli hal -hal yang lebih bermanfaat, ataupun mengajak mereka untuk menabungkan sebagian hasil THRnya untuk masa depan.

Salam Pak Pandani
loading...
Loading...

0 Response to " Bahaya Pistol Mainan di Hari Lebaran "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.