Kamu Harus Tahu! Inilah Ciri-Ciri Tabung Gas Elpiji Oplosan

loading...
Jadilah konsumen yang cerdas, Yuk! para konsumen elpiji, kita harus tahu hal ini. Pemalsuan atau pengoplosan gas elpiji bukan hal yang baru lagi. kejahatan ini sudah lama dilakukan dan banyak memakan korban.

Berikut ini mari kita pelajari apa saja ciri-ciri dari gas elpiji oplosan baik pada tabung 3 kg maupun 12 Kg, silahkan simak ulasan berikut:1

1 .Tabung : Tabung yang tidak mulus, cat banyak yang terkelupas dan penyok-penyok di beberapa bagian dan segel di bagian atas robek atau kendor.

2. Tulisan SNI : Tabung tidak ada tulisan SNI dan Pertamina. Tabung asli harus memiliki tulisan yang dicap permanen pada bodi tabung dan terbaca jelas.

3. Perhatikan tulisan TW: Tulisan TW si tabung gas yang Anda beli (tulisan berbentuk cetak permanen di leher gas. Pada bagian badan tabung biasanya juga tertulis berat kosongnya). TW singkatan dari Tare Weight, yang berarti berat kosong tabung. Jika tertulis TW 5 pada tabung gas 3 kg, maka saat ditimbang harusnya berat totalnya adalah 8 kg.


4. Berat : Tabung gas asli 3 kg, beratnya 8 kg. Sedangkan tabung gas 12 kg beratnya 27,2 kg. Timbang dengan timbangan sendiri (jangan memakai timbangan penjual) dan jika timbangan kurang dari berat standar, ada kemungkinan tabung gas palsu atau sudah dikurangi oleh agen/penjual.

5. Plastik Segel : Segel pertama berbentuk plastik penutup dan segel kedua berupa plastik warp. Pastikan kedua segel masih dalam kondisi baik. Pastikan tulisan yang tercetak disegel jelas dan mudah dibaca. Pastikan kondisi plastik segel tertempel kuat di ujung tabung. Terdapat tulisan agen yang tercetak jelas. Jika kondisi plastik segel kendor, mudah digeser dan tulisan nama agen tidak jelas, ada kemungkinan tabung gas sudah dipalsukan atau disuntik.

6. Karet : Saat di isi ulang, semua karet inner seal tabung gas wajib diganti baru. Karet di dalam saluran gas yang ada di bagian atas harus tebal dan rapi. Jika tidak terdapat karet atau karet tipis, rusak atau tidak ada sama sekali, biasanya merupakan salah satu tanda tabung gas sudah disuntik.

Bila Anda mendapati gas yang telah dioplos, sebaiknya segera laporkan kepada Kepala Lingkungan atau Ketua RT untuk di tindak lanjuti. Kepedulian kita penting karena kejahatan ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Jangan sampai masyarakat menengah ke bawah terus menjadi korban keserakahan oknum tidak bertanggung jawab.

Semoga bermanfaat!

referensi: infonitas
loading...

0 Response to " Kamu Harus Tahu! Inilah Ciri-Ciri Tabung Gas Elpiji Oplosan "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.