Pelibatan Orang Tua dan Masyarakat di Sekolah Dalam Dalam Kurikulum 2013

Kegiatan Wajib

  • Mengadakan pameran karya siswa pada setiap akhir tahun ajaran dengan mengundang orangtua dan masyarakat untuk memberi apresiasi pada siswa. 

Pembiasaan umum 

  • Orangtua membiasakan untuk menyediakan waktu 20 menit setiap malam untuk bercengkerama dengan anak mengenai kegiatan di sekolah. 

Pembiasaan periodik 

  1. Masyarakat bekerja sama dengan sekolah untuk mengakomodasi kegiatan kerelawanan oleh peserta didik dalam memecahkan masalah-masalah yang ada di lingkungan sekitar sekolah. 
  2. Masyarakat dari berbagai profesi terlibat berbagi ilmu dan pengalaman kepada siswa di dalam sekolah. 

Contoh pembiasaan lainnya 
  1. Melaksanakan kegiatan bank sampah yang bekerja sama dengan pihak terkait;
  2. Melaksanakan bakti sosial di lingkungan sekitar sekolah;
  3. Terus mendorong orang tua/wali untuk mengantar anaknya di hari pertama sekolah ataupun di hari-hari lain;
  4. Orang tua memberikan kesempatan kepada anaknya untuk bercerita tentang pengalaman di sekolah;
  5. Mendorong masyarakat dan dunia usaha agar bersama-sama berpartisipasi membangun sekolah dalam berbagai kegiatan;
  6. Melibatkan orang tua dalam kegiatan sekolah yang relevan; dll.
Contoh Pembiasaan baik bagi orangtua: 
  1. Gerakan Hari Pertama Sekolah
  2. Mulai tahun 2015 Kemendikbud mengajak orangtua untuk lebih terlibat aktif dalam pendidikan anak. Kini, orangtua tak hanya menjadi penonton di luar pagar, tapi masuk ke gelanggang untuk bersama-sama mendidik anak. Pendidikan anak bukan hanya milik sekolah, tapi juga orangtua. 
  3. Keterlibatan orangtua diwujudkan sejak hari pertama sekolah. Hari pertama sekolah adalah tonggaksejarah bagi perkembangan anak. Karena itu Kemendikbud menggelar Gerakan Hari Pertama Sekolah;gerakan yang mengajak orangtua untuk mengantar anak-anaknya ke sekolah pada hari pertama. Tentu,dalam mengantar itu bukan hanya sampai di gerbang, melainkan juga sampai ke ruang kelas dan berkenalan dengan guru, wali kelas, dan kepala sekolah. Proses ini akan menciptakan ekosistem pendidikan. Orangtua dan pihak sekolah menjadi mitra bagi pendidikan anak. 
Contoh Pembiasaan baik oleh sekolah: 
  1. Membaca buku selain pelajaran 15 menit sebelum pelajaran pertama dimulai 
  2. Untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap buku, Kemendikbud menerapkan peraturan bahwa 15 menit sebelum pelajaran anak-anak dan guru diminta membaca buku selain buku pelajaran. Untuk jenis buku, Kemendikbud memberikan keleluasaan kepada pihak sekolah dan pelaku pendidikan di mana pun. Buku yang dibaca itu bisa buku sastra, agama, sains, ilmu pengetahuan popular, dan sebagainya. Titik pentingnya adalah menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap membaca dan buku.  
  • Sekolah wajib membuka perpustakaan
  • Perpustakaan sebagai pusat refererensi pelajaran sekolah.
  • Wajib membuat majalah dinding di sekolah.

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama