loading...

Karakteristik Kelas Maya

loading...
Berdasarkan uraian materi sebelumnya, (Baca: Pengertian Kelas Maya) kita dapat menyimpulkan apa yang dimaksud dengan Kelas Maya. Uraian materi tentang karakteristik Kelas Maya berikut ini bertujuan memperjelas yang dimaksud dengan Kelas Maya.

Kelas Maya adalah istilah untuk menggambarkan pembelajaran online menggunakan media Internet. Istilah ini sering digunakan di sekolah menengah atas, sering juga disebut sebagai sekolah maya, dan dalam pendidikan tinggi, disebut Universitas maya. Sebuah kelas maya adalah sebuah kelas di mana semua mata pelajaran, atau setidaknya sebagian besar mata pelajaran, dilaksanakan menggunakan media interne, baik secara synchronous (real time) atau asynchronous. Kelas maya adalah proses pembelajaran yang disampaikan di Internet. "Maya" disini digunakan untuk menggambarkan fakta bahwa materi tidak diajarkan di kelas tatap muka-tapi melalui beberapa modus pengganti yang bisa dihubungkan dengan pengajaran di kelas. Itu berarti kita tidak harus pergi ke kelas tradisional untuk mengikuti proses pembelajaran.

Kelas Maya dan berbagai media komunikasi/kfu.edu.sa
Metode asynchronous maupun synchronous sangat bergantung pada motivasi diri, disiplin, dan untuk komunikasi tertulis yang efektif. Saat ini teknologi dapat memfasilitasi proses pembelajaran dan sebagai sarana komunikasi real-time antara siswa dan guru. Peningkatan kemampuan komunikasi secara real time dengan menggunakan teknologi telah memposisikan kelas maya sebagai salah satu sarana pembelajaran yang efektif. Berbagai media komunikasi yang mendukung kelas maya saat ini dapat kita lihat pada gambar 1. Dewasa ini banyak sekolah menggunakan kelas maya sebagai sarana pendukung proses pembelajaran dalam kelas tradisional dengan harapan dapat mencapai pembelajaran yang efektif.
Loading...
loading...

0 Response to " Karakteristik Kelas Maya "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.