loading...

LPTK UNP Kirim 357 Guru SM-3T ke Enam Kabupaten

loading...
Loading...
PADANG - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Men­ristek­dikti), Mohamad Nasir, akan melepas guru program Sarjana Mengajar di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T) angkatan VI hari ini, Rabu (31/8). Pelepasan itu akan dilakukan secara serentak pada 11 Lembaga Penelitian Tenaga Kepen­didikan (LPTK) penyelenggara melalui telekonferensi.

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Prakondisi SM3T LPTK Universitas Negeri Padang (UNP), Syahrial Bakhtiar kepada Haluan, Selasa (30/8). Di UNP, pelepasan akan dilakukan di Ruang Sidang Senat UNP pada pukul 16.00 dan dihadiri rektor dan petinggi kampus lainnya.

“Pelepasannya dilakukan oleh menteri, masing-masing rektor menunggu di tele­kon­feren,” ujar Syahrial.

Tahun ini, LPTK UNP mengirim 357 guru SM-3T ke enam daerah sasaran. Daerah tersebut, yaitu Kabupaten Aceh Singkil (71 orang), Kabupaten Timor Tengah Selatan (66 orang), Kabupaten Nias Barat (85 orang), Kabupaten Pesisir Barat (49), Kabupaten Natuna (39 orang), dan Kabupaten Kayong (47 orang). Para guru tersebut dijadwalkan berangkat ke daerah tujuan pada 1 September 2016.

“Kuota kita terbanyak kedua di nasio­nal. Yang pertama itu LPTK UNY (Uni­ver­sitas Negeri Yogyakarta), sekitar 520 orang,” kata pria yang juga menjabat Wakil Rektor III UNP itu.

SM-3T UNP
Selanjutnya, Syahrial mengatakan pada 22-31 Agustus para peserta yang akan dikirim sudah mengikuti prakondisi. Mereka dikarantina dan diberikan pem­be­kalan indoor, seperti tentang materi pembelajaran dan kurikulum, serta pem­bekalan outdoor, seperti materi ketaha­nmalangan (survival), baris-berbaris, P3K, dan Pramuka.

Rektor UNP, Ganefri, berharap guru yang dikirim tersebut bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Mereka diharapkan bisa berkontribusi dalam mengatasi ke­kurang­an guru di daerah 3T dan bisa membangkitkan motivasi anak didik yang selama ini mungkin tidak tersentuh oleh pendidikan.

“Anak-anak kita juga diharapkan bisa membantu meningkatkan rasa nasionalis­me anak didik di daerah 3T itu,” kata Ganefri. 

*h/mg-sas/haluan
loading...
Loading...

0 Response to " LPTK UNP Kirim 357 Guru SM-3T ke Enam Kabupaten "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.