Mentawai, Solok Selatan, dan Pasaman Barat Kini Bergabung Menjadi Dearah Sasaran SM-3T dan GGD

loading...
Semenjak dibuka pada tahun 2011, tak ada satupun daerah di sumatera barat yang pernah menjadi daerah sasaran dari program sarjana mendidik di daerah terdepan terluar, dan tertinggal (SM-3T). Namun di tahun ini ada tiga kabupaten di Sumatera Barat yang menyatakan kesediannya dan bergabung menjadi daerah sasaran program SM-3T. Kabupaten tersebut yakni Kabupaten Mentawai, Kabupaten Solok Selatan, dan Kabupaten Pasaman Barat.

Program SM-3T adalah program Kontrak Selama Satu Tahun yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat melalui direktorat pendidikan dasar kementerian pendidikan dan kebudayaan dalam rangka pemerataan guru di daerah 3T.

(Baca: Inilah 56 Kabupaten Penempatan SM-3T Tahun 2016)

Kini program tersebut sudah mempunyai alumni sebanyak V Angkatan. Tahun ini akan dikirim kembali 3000 guru SM-3T secara serentak mulai pada tanggal 31 Agustus 2016 yang akan datang.

Tidak hanya SM-3T, Kabupaten Mentawai, Kabupaten Solok Selatan, dan Kabupaten Pasaman Barat kini juga termasuk tiga dari 93 kabupaten yang menjadi daerah penempatan Guru Garis Depan (GGD) Tahun 2016.


Program GGD Pada dasarnya hampir sama dengan SM-3T. GGD juga merupakan program yang bertujuan sebagai solusi pemerataan Guru di 3T. Namun perbedaannya adalah GGD sudah berstatus CPNS, tidak guru kontak satu tahun lagi. GGD dipersiapkan dalam langkah pengiriman guru profesional yang sudah ditempa dengan berbagai pengalaman khususnya pengalaman dari SM-3T dan pendidikan Profesi Guru (PPG)

(Baca: Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Guru Garis Depan (GGD) Kemdikbud Tahun 2016)

Pelaksanan seleksi ini sedang berlangsung melalui situs http://casn.kemdikbud.go.id. Jadwal pendaftaran mulai  mulai tanggal 18 s.d 31 Agustus 2016, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) online 15 September 2016, dan pengumuman kelulusan pada Minggu Ke IV September 2016. [Pak Pandani]
loading...

0 Response to " Mentawai, Solok Selatan, dan Pasaman Barat Kini Bergabung Menjadi Dearah Sasaran SM-3T dan GGD "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.