Pembahasan Soal UN Biologi SMA Paket 2 Soal No 4 Tahun 2015/2016

Soal Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016

SMA/MA
Program Studi IPA
Biologi Selasa, 5 April 2016


Soal Sebelumnya:
4. Suatu ekosistem darat memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Hampir semua wilayah tertutup oleh salju atau es
  • Curah hujan sangat rendah
  • Usia tumbuh tanaman pendek
  • Vegetasi yang dominan adalah lumut kerak, lumut, dan semak-semak pendek.
Ekosistem yang memiliki ciri-ciri tersebut adalah ....

A. Taiga
B. Tundra
C. Hutan gugur
D. Savana
E. Hutan hujan tropis

Jawaban:
B. Tundra

Pembahasan:

Tundra adalah suatu area bioma di mana pertumbuhan pohon terhambat dengan rendahnya suhu lingkungan sekitar karena itu disebut daerah tanpa pohon. Terdapat di wilayah bumi sebelah utara dan terdapat dipuncak gunung yang tinggi. Iklim kutub dengan musim dingin yang panjang serta gelap dan musim panas yang panjang dan terang terus menerus serta memiliki curah hujan yang rendah.

Pada area ini, mayoritas tumbuhan yang hidup biasanya berupa lumut atau vegetasi perintis, rerumputan, tumbuhan biji semusim, dan tumbuhan kayu yang pendek. Pertumbuhan tanaman di daerah ini hanya sekitar 4 bulan.

Ekosistem Tundra/Foto: thinglink

Ciri-Ciri Bioma Tundra
  1. Hampir seluruh wilayahnya tertutup es, di mana tanahnya sebagian besar batuan induk yang telah mengalami sedikit pelapukan.
  2. Usia tanaman relatif pendek antara 30 - 140 hari.
  3. Memiliki musim dingin yang panjang (9 bulan) dan gelap serta musim panas berlangsung cepat (3 bulan) dan terang. Pada panas, vegetasi tumbuhan mulai berkembang.
  4. Curah hujannya rendah ( 100 – 250 mm/tahun)
  5. Permafrost (memliki tanah bagian bawah yang membeku secara permanen)
  6. Kecepatan angin yang tinggi dan suhu yang sangat dingin dengan rata-rata suhu tertinggi 10 derajat celcius dan terendah -35 derajat celcius.
  7. Sangat sedikit curah hujan tahunan, air tidak dapat menembus permafrost di bawahnya dan akan menumpuk di dalam kolam di atas bunga tanah yang dangkal selama musim panas yang pendek.

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama