loading...

Pembahasan Soal UN Biologi SMA Paket 2 Soal No 6 Tahun 2015/2016

loading...
Loading...
Soal Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016

SMA/MA
Program Studi IPA
Biologi Selasa, 5 April 2016

Soal Sebelumnya:
6. Pembusukan limbah organik di dalam perairan yang menghasilkan fosfor dan masuknya NO3 yang terbawa air hujan dari sisa pupuk pertanian dapat menimbulkan dampak langsung, yaitu ....

A. penurunan kadar O2 di perairan
B. pertumbuhan tanaman air berlebihan
C. cahaya matahari tidak dapat masuk dipermukaan air
D. peningkatan jumlah  hewan yang hidup di air
E. Pertumbuhan tanaman air terganggu.

Jawaban:
B. pertumbuhan tanaman air berlebihan

Pembahasan:
Pembusukan limbah organik di dalam perairan yang menghasilkan fosfor dan masuknya NO3 yang terbawa air hujan dari sisa pupuk pertanian dapat menimbulkan dampak langsung, yaitu ....terjadinya Eutrofikasi.

Eutrofikasia adalah masalah lingkungan hidup yang diakibatkan oleh limbah fosfat (PO3-), khususnya dalam ekosistem air tawar.

Eutrofikasi
Definisi dasarnya adalah pencemaran air yang disebabkan oleh munculnya nutrient yang berlebihan ke dalam ekosistem air. Air dikatakan eutrofik jika konsentrasi total phosphorus (TP) dalam air berada dalam rentang 35-100 µg/L. Sejatinya, eutrofikasi merupakan sebuah proses alamiah di mana danau mengalami penuaan secara bertahap dan menjadi lebih produktif bagi tumbuhnya biomassa. Diperlukan proses ribuan tahun untuk sampai pada kondisi eutrofik. Proses alamiah ini, oleh manusia dengan segala aktivitas modernnya, secara tidak disadari dipercepat menjadi dalam hitungan beberapa dekade atau bahkan beberapa tahun saja. Maka tidaklah mengherankan jika eutrofikasi menjadi masalah di hampir ribuan danau di muka Bumi, sebagaimana dikenal lewat fenomena algal bloom.

Kondisi eutrofik sangat memungkinkan alga, tumbuhan air berukuran mikro, untuk tumbuh berkembang biak dengan pesat (blooming) akibat ketersediaan fosfat yang berlebihan serta kondisi lain yang memadai. Hal ini bisa dikenali dengan warna air yang menjadi kehijauan, berbau tak sedap, dan kekeruhannya yang menjadi semakin meningkat. Banyaknya eceng gondok yang bertebaran di rawa-rawa dan danau-danau juga disebabkan fosfat yang sangat berlebihan ini. Akibatnya, kualitas air di banyak ekosistem air menjadi sangat menurun. [wikipedia].
loading...
Loading...

0 Response to " Pembahasan Soal UN Biologi SMA Paket 2 Soal No 6 Tahun 2015/2016 "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.