Pembahasan Soal UN Biologi SMA Paket 2 Soal No 9 Tahun 2015/2016

Soal Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2015/2016

SMA/MA
Program Studi IPA
Biologi Selasa, 5 April 2016

Soal sebelumnya:
9. Taksonomi, anatomi, dan fisologi tumbuhan meruapkan cabang ilmu biologi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mengembangkan ....

A. industri jamu sebagai alternatif obat-obatan herbal
B. penemuan vaksin dan antibiotik dari tumbuhan
C. identifikasi jenis-jenis penyakit pada manusia
D. Jenis makanan yang bernilai gizi tinggi
E. identifikasi jenis-jenis makanan mikroba penyebab penyakit

Jawaban:
A. industri jamu sebagai alternatif obat-obatan herbal

Pembahasan:
  • Taksonomi: ilmu yang mempelajari penamaan dan pengelompokan mahkluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri-cirinya.
  • Anatomi: ilmu yang mempelajari struktur bagian tubuh makhluk hidup
  • Fisologi: ilmu yang mempelajari fungsi alat-alat tubuh mahluk hidup.
Jamu merupakan obat tradisional yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Tidak semua tumbuhan dapat dibuat jamu. Oleh karena itu, dalam proses pembuatan jamu memanfaatkan cabang-cabang ilmu Biologi untuk mengidentifikasi jenis tumbuhan yang dapat diolah menjadi jamu, di antaranya Taksonomi, Anatomi, dan Fisiologi tumbuhan. 

Foto: tips-cara
Dengan ilmu Taksonomi dapat diketahui jenis tumbuhan berdasarkan kelompoknya. Dengan ilmu Anatomi dapat diketahui struktur organ tumbuhan. Dengan ilmu Fisiologi dapat diketahui jenis-jenis zat yang terkandung di dalam organ tumbuhan sehingga dapat dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan jamu. 

Menemukan vaksin dan antibiotik melibatkan ilmu Biologi yang membahas tentang mikroorganisme yaitu Mikrobiologi, Virologi, Bakteriologi, dan Mikologi. Mengidentifikasi jenis-jenis mikroba penyebab penyakit melibatkan cabang ilmu Biologi seperti Mikrobiologi, Virologi, Bakteriologi, Mikologi, dan Patologi. Memproduksi makanan yang memiliki nilai gizi tinggi melibatkan cabang ilmu Biologi seperti Bioteknologi.
loading...

0 Response to " Pembahasan Soal UN Biologi SMA Paket 2 Soal No 9 Tahun 2015/2016 "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.