loading...

Pengertian Kelas Maya

loading...
Materi! Pengertian Kelas Maya (Virtual Classroom).

Sasaran pendidikan yang dirumuskan dengan baik membantu pengembangan program pembelajaran yang efektif, menarik, membantu sekolah, dan relevan (Shanon, Susan, 2003). Keaktifan siswa melibatkan pancaindera dalam e-learning perlu diwujudkan dengan baik, karena hal tersebut akan membantu pencapaian tujuan pelajaran. 

Virtual Classroom atau Kelas Maya merupakan salah satu implementasi dari e-learning dan didefinisikan sebagai ruang atau tempat tersendiri di dunia maya (online) dalam jaringan internet dengan bantuan perangkat komputer dan multimedia, yang dapat digunakan pengajar untuk mendukung pembelajaran siswa (Hernawo, T., 2007).  

Sebagai contoh dalam mata pelajaran fisika sebuah e-learning fisika yang ideal dan memenuhi kaedah-kaedah pedagogis dan metodis di lingkungan pendidikan harus mampu berperan sebagai guru, sekolah/kelas, dan materi ajar dapat diimplementasikan dalam bentuk Kelas Maya. Kelas Maya fisikan harus mampu bertindak sebagai guru yang dapat menarik perhatian siswa, menjelaskan materi, menunjukkan gejala fisis (eksperimen maya), menganalisis materi secara kuantitatif, mengajukan pertanyaan, memberikan umpan balik terhadap jawaban siswa dan memotivasi siswa. Berfungsi sebgai sekolah/kelas, Kelas Maya harus mampu menampilkan suatu lingkungan nyaman dan menyenangkan siswa. Kelas Maya fisika seharusnya dapat membawa siswa ke suasana pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan. 

 Kelas Maya fisika yang telah dibuat digunakan untuk proses belajar mengajar, selanjutnya dilakukan evaluasi serta revisi sehingga diperoleh Kelas Maya fisika ideal yang dapat digunakan di sekolah-sekolah, lembaga pendidikan dan instansi yang berkepentingan. Disamping itu akan diperoleh juga suatu konsep yang berkaitan dengan Kelas Maya fisikan di sekolah dalam bentuk ilmu pengetahuan. Bila dibandingkan dengan model-model alat bantu pembelajaran lain, baik dengan menggunakan jaringan (Web Course Model, Web Centric Course Model, dan Web Enhanced Course Model) maupun dengan standalone (Computer-based Training (CBT), Computer-managed Learning, Integrated Learning System (ILS), Intelligent Tutoring System (ITS), Job aids, Computer-aided assesment (CAA), Drill & Practice, Multimedia Hypermedia, Resource-base Learning, dan Simulation, maka Kelas maya memiliki beberapa keunggulan, yaitu; dapat dirancang dan dibuat dengan program sederhana, sistem multimedia baik, penggunaannya mudah, dan portabilitas tinggi, harganya realatif murah, tidak memerlukan internet (jaringan) namun dapat juga diakses di internet, manfaatnya cukup besar dalam rangka penyebaran dan pemerataan kesempatan belajar, relevan dengan keadaan geografis wilayah Indonesia yang luas dan tersebar di banyak pulau. 

Kelas Maya Rumah Belajar
Di samping itu, Kelas Maya memiliki hampir semua fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar, yaitu; mampu memuat dan menampilkan informasi dalam bentuk teks, grafik, tabel, animasi, simulasi, hasil perhitungan (angka), dialog maya, memberikan jawaban terhadap masalah, bersifat interaktif, reaktif, aktif, individual, evaluatif, audio, bahkan menghibur.
loading...
loading...

0 Response to " Pengertian Kelas Maya "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.