loading...

Faktor yang Mempengaruhi Keanekaragaman Hayati

loading...
Loading...
Coba Saudara perhatikan Gambar 2.1, apa yang dapat saudara amati dari gambar tersebut? Ya, benar. saudara dapat memperhatikan adanya perbedaan warna di setiap kawasan. Terdapat warna hijau, coklat, dan juga putih di daratan. Apakah Saudara menyadari, kawasan di sepanjang garis khatulistiwa berwarna hijau? Kawasan tersebut yaitu Benua Amerika bagian selatan termasuk diantaranya Brazil, Venezuela, Kolombia, dan seterusnya. Selain itu juga bagian tengah dari Benua Afrika, termasuk diantaranya Kenya, Kongo, Tanzania, dan seterusnya. Akhirnya dapat kita amati bahwa Indonesia, negara kita, merupakan salahsatu negara di Benua Asia yang terletak di garis khatulistiwa, yang tampak dari atas berwarna hijau. Fakta lain menunjukan bahwa jika kita bergerak ke bagian utara atau selatan dari garis khatulistiwa, tampak ada perubahan warna dari daratan cenderung menjadi coklat. Kawasan di sebelah utara diantaranya Benua Afrika bagian utara, termasuk diantaranya Mesir, Libya, Tunisia, Aljazair, dan seterusnya, yang terkenal dengan gurunnya yaitu Gurun Sahara. Di Benua Asia dapat kita amati kawasan Timur Tengah juga didominasi oleh warna coklat. Kemudian sebagian dari negara Amerika Serikat juga tampak terdapat daerah yang berwarna coklat. Sedangkan di sebelah selatan diantaranya Benua Australia dan juga Benua Afrika bagian selatan yang didominasi warna coklat. Lebih ekstrim lagi jika kita lihat di kawasan paling utara dan juga selatan, didominasi oleh warna putih, yaitu kawasan kutub utara dan juga selatan.

Peta Dunia/ pics-about-space
Warna hijau menandakan bahwa di kawasan tersebut tertutup oleh vegetasi, sedangkan warna coklat berarti merupakan kawasan terbuka yang berupa gurun. Warna putih di kedua kutub menandakan bahwa kawasan tersebut ditutupi oleh es. Apa yang dapat Saudara simpulkan dari fakta tersebut? Ya, ternyata letak geografis sangat berkaitan erat dengan keanekaragaman hayati. Vegetasi merupakan produsen, dengan kata lain adalah sumber energi bagi makhluk hidup lainnya. Namun yang harus kita fikirkan, mengapa kawasan yang tampaknya tertutup oleh vegetasi tersebut pada umumnya merupakan kawasan yang berada di sepanjang garis khatulistiwa? Ya, tepat sekali. Vegetasi dapat tumbuh dengan baik jika lingkungan menyediakan apa yang menjadi kebutuhannya. Apa yang menjadi kebutuhan pokok vegetasi atau tumbuhan? Tentunya sumber energi utama yang diperlukan tumbuhan untuk hidup adalah energi cahaya matahari. Telah sama-sama kita pahami bahwa di daerah khatulistiwa intensitas cahaya matahari paling tinggi daripada belahan bumi lainnya. Hal ini lah yang menyebabkan kawasan sepanjang khatulistiwa sangat kaya akan vegetasi. Kita patut bersyukur karena Tuhan Yang Mahakuasa telah menempatkan negara kita tepat di garis khatulistiwa.

Jika suatu daerah kaya akan vegetasi, maka akibatnya akan mendukung makhluk hidup lain yang menjadi konsumennya untuk bertahan hidup. Demikian juga dengan makhluk hidup lain pada tingkat trofik yang lebih tinggi, karena sumber makanannya pun ikut tersedia. Hal tersebut sangat mendukung terbentuknya keanekaragaman hayati di suatu kawasan.

*Modul Guru Pembalajar KK-A 
loading...
Loading...

0 Response to " Faktor yang Mempengaruhi Keanekaragaman Hayati "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.