loading...

Glosarium Modul Guru Pembelajar Biologi KK-A

loading...
Loading...
Berikut inia adalah Glosarium Modul Guru Pembelajar Biologi KK-A:

Adolesence : yang berarti tumbuh menjadi dewasa. Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Istilah adolensence mempunyai arti yang lebih luas lagi yang mencakup kematangan mental, emosional sosial dan fisik 

Conformity : kecenderungan untuk meniru, mengikuti opini, pendapat, nilai, kebiasaan, kegemaran/hobi, atau keinginan orang lain 

Entering behavior : Tingkat dan jenis karakteristik perilaku siswa yang telah dimilikinya pada saat akan memasuki kegiatan belajar-mengajar. 

Self-identity : Kesadaran akan diri sendiri. Mengenal dan menghayati diri sebagai pribadi sendiri serta tidak tenggelam dalam peran yang dimainkannya.
  • Social cognition : merupakan cara individu untuk menganalisa, mengingat dan menggunakan informasi mengenai kejadian atau peristiwa-peristiwa sosial (Baron & Byrne ,2000) 
  • Underachiever : Peserta didik yang memiliki prestasi belajar di bawah kemampuan intelektualnya (intelegensi). Peserta didik gagal mencapai prestasi belajar sesuai kapasitasnya. 
  • Kecerdasan spiritual : kemampuan untuk memberi makna ibadah terhadap setiap perilaku dan kegiatan, melalui langkah-langkah dan pemikiran yang bersifat fitrah, menuju manusia seutuhnya dan memiliki pola pemikiran integralistik serta berprinsip “hanya karena Allah” 
Downlaod Modul ini
  • God Spot  :  adalah salah satu titik berupa syaraf kecil di dalam otak manusia yang dapat merespon dari aspek agama dan Ketuhanan. 
  • Moral  :  istilah  manusia menyebut ke manusia atau orang lainnya dalam tindakan yang memiliki nilai positif 
  • Prosocial behavior  :  Mencakup pada tindakan-tindakan: sharing (membagi), cooperative (kerjasama), donating (menyumbang), helping (menolong), honesty (kejujuran), generosity (kedermawanan), serta mempertimbangkan hak dan kejesahteraan orang lain (Eisenberg dan Mussen) 
  • Pascaconventional rasoning :  Tingkat tertinggi dari teori perkembangan moral Kohlberg. Pada tingkat ini terjadi internalisasi moral pada individu dan  tidak didasarkan pada standa-standar moral orang lain. 
  • Rejected children  :  anak yang ditolak yaitu jarang dinominasikan sebagai teman terbaik dan sering dibenci oleh teman-teman sebayanya. Anak menunjukkan agresi tinggi, menarik diri, serta kemampuan  sosial dan kognitif yang rendah 
  • Social cognition  :  yaitu kemampuan untuk memahami orang lain, kemampuan ini mendorong untuk membina hubungan dengan teman sebaya 
  • Social self  :  yaitu pribadi dalam masyarakat, budaya, bangsa. dan perilaku sosial 
  • Withdrawal – expansive :  anak cenderung menarik diri dari lingkungannya, mereka sering menyendiri dan cenderung introvert.
Downlaod file:
Demikianlah Glosarium Modul Guru Pembelajar Biologi KK-A.
loading...
Loading...

0 Response to " Glosarium Modul Guru Pembelajar Biologi KK-A "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.