loading...

Manfaat Keanekaragaman Hayati

loading...
Loading...
Keanekaragaman hayati mempunyai peranan yang sangat penting bagi stabilitas ekosistem, termasuk manusia di dalamnya sebagai salah satu komponen di dalam ekosistem. Oleh karena itu pemanfaatan sumber daya hayati harus dilakukan secara bijaksana. Semakin tinggi tingkat keanekaragaman hayati, maka akan semakin mantap dan stabil suatu ekosistem. Apakah Saudara masih ingat tentang rantai makanan dan jaring-jaring makanan? Coba Saudara perhatikan contoh rantai makanan dan jaring-jaring makanan pada Gambar 2.6.

Apa yang akan terjadi jika pada rantai makanan tersebut populasi belalang dihilangkan? Ya tepat sekali. Jika populasi belalang berkurang atau sampai tidak ada, maka populasi rumput akan bertambah, sedangkan tikus semakin berkurang karena kehabisan makanan. Jika populasi tikus berkurang, maka
populasi burung elang pun akan ikut terancam. Hal itu terjadi jika dalam satu ekosistem komunitas penghuninya tidak beragam. Namun jika kita menghilangkan populasi belalang yang ada pada gambar jaring-jaring makanan, maka akan sedikit organisme yang akan terganggu populasinya karena masih
ada alternatif sumber makanan yang lain. Dengan kata lain, semakin tinggi keanekaragaman hayati, maka semakin mantap ekosistem yang ada.

Gambar 2.6. Rantai Makanan (a); Jaring-jaring makanan (b)
(sumber: https://www.tes.com)
Jika kestabilan ekosistem terjaga, maka manusia sebagai salahsatu komponen dalam ekosistem akan ikut terjaga pula keberadaannya. Saudara tentu seringkali mendengar peristiwa perusakan perkebunan atau perumahan oleh kawanan gajah, harimau yang memangsa hewan ternak, bahkan kelaparan manusia di suatu daerah, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Tentunya Saudara pasti sudah memiliki jawabannya.

Keanekaragaman hayati memiliki banyak manfaat baik yang langsung dapat kita rasakan maupun yang tidak. Secara umum manfaatnya terbagi ke dalam tiga kelompok, yaitu (FAO 2013):

a. Jasa Ekosistem seperti: air minum yang bersih, pembentukan dan perlindungan tanah, penyimpanan dan daur hara, mengurangi dan menerap polusi, berkontribusi terhadap stabilitas iklim, pemeliharaan ekosistem, dan penyerbukan tanaman.

b. Sumber daya hayati, seperti: makanan, obatobatan, bahan baku industri, tanaman hias, stok untuk pemuliaan dan penyimpanan populasi.
c. Manfaat sosial, seperti: pendidikan, rekreasi dan penelitian, serta budaya. Berikut ini adalah contoh-contoh nyata dari manfaat keanekaragaman hayati untuk manusia:

1.  Sumber daya alam penghasil kebutuhan primer atau sekunder  

Kebutuhan akan sandang, pangan, dan papan dapat terpenuhi dari berbagai macam sumber daya hayati. Misalnya untuk keperluan sandang, sumber daya hayati yang dapat dimanfaatkan diantaranya wol, kapas, serat kepompong ulat sutra, serat rami, serat nanas, dan masih banyak lagi. Sumber daya hayati yang dapat memenuhi pangan sangat melimpah, diantaranya ada tumbuhan sumber karbohidrat seperti padi, singkong, dan sagu, tumbuhan sumber protein seperti kacang-kacangan, atau berbagai jenis ikan dan daging ternak Termasuk di dalamnya kebutuhan manusia akan obat-obatan dapat dipenuhi pula oleh berbagai macam tumbuhan ataupun hewan. Kebutuhan papan diantaranya diperoleh dari pohon jati, mahoni, meranti, ataupun kelapa. 

2.  Sumber plasma nutfah 

Keanekaragaman hayati yang ada akan menyimpan berbagai macam kode-kode genetik yang tersimpan dalam setiap organisme. Keragaman genetik tersebut akan menjadi sumber bagi manusia untuk pemuliaan  berbagai jenis tumbuhan ataupun hewan demi pemenuhan berbagai jenis kebutuhan manusia.  

3.  Manfaat keilmuan 

Keanekaragaman hayati dapat menyediakan berbagai objek penelitian yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. 

4.  Estetika 

Dari segi kebutuhan estetika, banyak sekali berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang dapat dimanfaatkan. Namun tentunya pemanfaatan ini harus memperhatikan hukum yang berlaku, karena banyak sekali jenis-jenis tumbuhan maupun hewan eksotis yang dilindungi karena terancam punah. 

*Modul guru Pembelajar KK-A
loading...
Loading...

0 Response to " Manfaat Keanekaragaman Hayati "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.