Pengertian Faktor Abiotik

loading...
Abiotik merupakan komponen fisik atau bagian yang tidak hidup dari lingkungan. Kemampuan organisme  untuk  hidup dan berkembang biak tergantung pada faktor fisika dan kimia lingkungannya. Misalnya air, tanah, suhu, cahaya, udara, tekanan udara, topografi, tekanan udara.

1)  Air  
Air diperlukan oleh tumbuhan untuk fotosintesis. Selain itu, juga air berguna untuk  melarutkan mineral dalam tanah sehingga mudah diserap oleh akar tumbuhan, dan menjaga kesegaran tumbuhan. Bagi hewan darat air berguna untuk minum, bagi hewan air untuk melarutkan oksigen. Sebagian besar tubuh mahluk hidup terdiri dari air dan setiap hari  membutuhkan air.sedang air berfungsi: a) sebagai pelarut zat yang diperlukan tubuh, b) sebagai alat transpor zat dalam tubuh, c) mengatur suhu tubuh, d) tempat bereaksinya zat dalam tubuh.

2)  Tanah 
Tanah selain berfungsi sebagai  tempat berpijaknya makhluk hidup jugaTanah bertindak sebagai substrat atau tempat hidup organisme. Tanah juga menyediakan kebutuhan makhluk hidup seperti unsur hara dan mineral. Suatu jenis individu mungkin tidak cocok hidup di sembarang tanah, sebab tanah yang berbeda mungkin memiliki pH yang berbeda, kelembapan yang berbeda maupun tingkat kesuburan yang berbeda

3)  Suhu 
Mahluk hidup dapat hidup dengan suhu tertentu, yaitu:
a)  Suhu maksimum: suhu yg paling tinggi yang masih memungkinkan untuk hidup.
b)  Suhu optimum; suhu yang paling baik untuk hidup.
c)  Suhu minimum: suhu yg paling rendah yg masih memungkinkan untuk hidup.

4)  Cahaya 
Cahaya matahari, merupakan sumber energi di bumi. Semua mahluk hidup baik langsung maupun tak langsung energinya berasal dari matahari.  Cahaya matahari merupakan komponen abiotik yang berfungsi sebagai energi primer bagi ekosistem. Sebagai sumber energi utama, cahaya penting untuk prose fotosintesis.

5)  Udara 
Komponen udara yang terpenting adalah O2  (Oksigen) untuk proses pembakaran zat dalam tubuh, sedangkan CO2  (karbon dioksida) bahan mentah dalam proses asimilasi.

6)  Tekanan udara 
Faktor  ini tidak  berpengaruh  secara langsung pada mahluk hidup, karena makhluk hidup dapat menyesuaikan diri.


7)  Topografi 
Topografi meliputi faktor altitude, yaitu ketinggian suatu tempat yang diukur dari permukaan laut dan latitude, yaitu letak lintang yang diukur dari garis khatulistiwa. Topografi mempunyai pengaruh  yang besar terhadap penyebaran. makhluk hidup yang tampak jelas pada penyebaran tumbuhan. Hal ini
disebabkan adanya perbedaan topografi yang mengakibatkan intensitas cahaya, suhu, dan curah hujan berbeda-beda di setiap tempat.

8)  Iklim 
Iklim merupakan  komponen  abiotik yang terbentuk sebagai hasil interaksi berbagai komponen abiotik lainnya, seperti kelembaban udara, suhu dan curah hujan. Iklim sangat memengaruhi kesuburan tanah, tetapi kesuburan tanah tidak berpengaruh terhadap iklim.

*Modul Biologi KK-A Guru Pembelajar
loading...

0 Response to " Pengertian Faktor Abiotik "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.