Pengertian Faktor Biotik

loading...
Faktor Biotik Merupakan  bagian hidup dari lingkungan, termasuk semua organisme yang  dapat berinteraksi satu sama lain. Makhluk hidup sebagai komponen biotik terdiri dari individu, populasi dan komunitas.

1)  Individu 

Bila kita mengamati organisme satu persatu sebagai individu, maka  individu ini dapat kita lihat, dihitung, diukur, dipakai percobaan. Kadang-kadang organisme itu berkelompok menjadi satu sehingga keseluruhannya terlihat sebagai individu. Misalnya binatang karang, rumpun bambu dan lain-lain.

Pengertian  individu ini menimbulkan kesukaran, bila kita melihat anak ayam menetas dari telur yang di hasilkan oleh seekor ayam, ini jelas bahwa individu baru berasal dari individu yang telah ada.

2)  Populasi 
Populasi  berhubungan dengan jenis individu, waktu dan tempat. kepadatan populasi  artinya individu-individu dihubungkan dengan ruang yang ditempati, Misalnya, di kelas A 40 orang, dikatakan kepadatan populasi 40 orang tiap kelas. Kumpulan  individu yang hidup di suatu tempat pada suatu waktu tertentu. Spesies adalah kelompok organisme yang mampu berbiak silang sesamanya dan menghasilkan keturunan yang fertil (pada kondisi alami).

3)  Komunitas 

Kelompok organisme yang hidup bersama-sama terdiri dari  bermacam-macam populasi disebut komunitas. Suatu komunitas biotik terdiri dari tumbuh-tumbuhan, hewan dan manusia. Setiap makhluk hidup mempunyai fungsi dan tugas yang berbeda dalam lingkungannya. Secara garis besar Jabatan atau fungsi organisme dalam suatu komunitas dibedakan menjadi 4 kelompok, yaitu produsen, konsumen, pengurai, dan detritivor.

Produsen  atau penghasil terdiri atas organisme autotrof, yaitu organisme yang dapat mensintesis (membuat) makanan sendiri. Organisme  autotrof menyusun senyawa organik dari senyawa anorganik melalui fotosintes atau kemosintesis. Organisme autotrof biasanya adalah tumbuhan berklorofil, beberapa jenis bakteri dan ganggang biru.


Konsumen atau pemakai terdiri atas organisme heterotrof, yaitu organisme yang menggunakan senyawa organik yang dihasilkan oleh produsen. Termasuk ke dalam konsumen adalah hewan dan manusia. Pengurai disebut juga perombak atau dekomposer, adalah organisme heterotrof
yang  menguraikan  produsen dan konsumen yang sudah mati. Dalam penguraiannya materi organik yang kompleks akan diubah menjadi materi yang lebih sederhanadan akhirnya  menjadi  mineral-mineral yang dimanfaatkan kembali  oleh produsen. Pengurai umumnya  berupa mikroorganisme seperti bakteri dan jamur.

Selain pengurai ada kelompok mikroorganime yang termasuk detritivor. Detritivor adalah organisme yang memakan bahan organik (sampah  -  serasah ) menjadi partikel-partikel yang  lebih kecil (detritus), misalnya cacing tanah, serangga tanah, siput, keluwing dan tripang.

*Modul Biologi KK-A Guru Pembelajar
loading...

0 Response to " Pengertian Faktor Biotik "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.