SMA Negeri 1 LabuhanHaji Laksanakan Upacara peringatan HARDIKDA Aceh Ke 57

loading...
SMA Negeri 1 Labuhanhaji Aceh Selatan hari ini melaksanakan upacara peringatan  Hari Pendidikan Daerah  atau HARDIKDA Aceh yang ke-57. Pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan surat edaran dari Dinas Pendidikan yang menginstruksikan agar seluruh Instansi pendidikan dilingkungan provinsi Aceh  agar melaksanakan upacara peringatan Hardikda di Instansinya masing-masing.

Hardikda merupakan agenda rutin yang cuma ada di provinsi Aceh.  Adapun sejarah dari hardikda ini dilatar belakangi oleh Penetapan Tanggal 2 September 1959 sebagai hari pendidikan daerah dicetuskan oleh Bapak Pendidikan Aceh almarhum Prof Ali Hashimy sebagai Gubernur Aceh.  Saat itu dimulainya pembangunan kampus Darussalam pada tanggal 2 September 1959.

Pembangunan kampus Darussalam yang saat ini menjadi kebanggaan masyarakat Aceh dilakukan setelah Aceh diberikan sebutan Daerah Istimewa dengan keputusan Missi Hardi nomor Kep.01/Missi/1959.Surat Keputusan tersebut ditanda tangani oleh Wakil Perdana Menteri I, Mr Hardi dan mulai berlaku sejak tanggal 26 Mei 1959.

Sejarah Hardikda Aceh sangat berbeda dengan Hardiknas maupun hardikda di provinsi lain. Hardikda Aceh lahir dari semangat baru semua komponen rakyat termasuk tokoh-tokoh Aceh, berhimpun untuk tujuan mulia pada tanggal 2 September 1959. Yaitu berhenti dari perang fisik dan politik menuju kemajuan melalui pendidikan yang dikenal dari “Darul Harb Menuju Darussalam.”

Tekad bulat di Kota Pelajar Mahasiswa (Kopelma) Darussalam yang ditandatangani oleh Presiden RI Soekarno adalah bukti sejarah dukungan rakyat Aceh untuk memajukan Aceh melalui jalur pendidikan.

Dokumentasi Hardikda Di SMA Negeri 1 Labuhanhaji (02/09/2016)







Foto Bersama Guru dan tenaga Kependidikan SMA Negeri 1 Labuhanhaji
loading...

0 Response to " SMA Negeri 1 LabuhanHaji Laksanakan Upacara peringatan HARDIKDA Aceh Ke 57 "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.