Kemendikbud Bangun 114 Sekolah Garis Depan (SGD) di 3T

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selama 2016 membangun 114 Sekolah Garis Depan (SGD) di berbagai daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) di Indonesia.

Mendikbud Muhadjir Effendy dalam "press briefing" 2 Tahun Kerja Nyata Jokowi-JK di Kantor Staf Kepresidenan Jakarta, Senin, menyebutkan pembangunan sekolah itu sebagai perwujudan semangat Nawacita untuk membangun dari pinggiran dan mewujudkan pendidikan untuk semua.

Pembangunan SGD diperkuat dengan menugaskan 7.000 guru garis depan (GGD) untuk memberikan pelayanan pendidikan yang lebih baik.

Jumlah itu meningkat sepuluh kali lipat dari 2015 sebanyak 797 guru.

Kemendikbud saat ini fokus pada beberapa hal yaitu peningkatan akses pada layanan pendidikan, menguatkan pendidikan kejuruan serta menjadikan kebudayaan menaungi pendidikan nasional sebagai bagian dari upaya penguatan karakter bangsa.

Peningkatan akses pada layanan pendidikan ditempuh melalui beragam upaya di antaranya melalui perbaikan dan penyediaan infrastruktur fisik ruang kelas dan gedung sekolah.

Tercatat hingga 2015, Kemendikbud telah merehabilitasi 13.403 ruang belajar, membangun 698 unit sekolah baru dan 12.385 ruang kelas baru.

Kemendikbud juga menguatkan pendidikan kejuruan sebagai upaya meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa.

Pada tahun 2015, pemerintah membangun 40 SMK di bidang maritim dan 60 SMK di bidang pertanian.


Kemendikbud juga membantu peningkatan kualitas 622 ruang praktik dan laboratorium SMK.

Pada tahun 2016, pemerintah membangun 74 SMK bidang maritim dan 32 SMK bidang pertanian.

Kemendikbud juga membantu peningkatan kualitas 1.333 ruang praktik dan laboratorium SMK.

Untuk menunjang kegiatan belajar siswa, Kemendikbud membantu penyediaan 3.069 raung kelas.

Saat ini Kemendikbud terus berupaya meningkatkan jumlah SMK rujukan dan penyediaan guru produktif yang mampu menjawab tantangan penyiapan tenaga terampil yang siap bersaing dan berkontribusi dalam pembangunan nasional. 

*Antara Sumbar
loading...

0 Response to " Kemendikbud Bangun 114 Sekolah Garis Depan (SGD) di 3T "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.