loading...

MenPAN-RB Inginkan Calon PNS itu Seperti Pegawai Bank!

loading...
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur menegaskan, untuk rekrutmen CPNS jalur umum yang diprioritaskan adalah lulusan perguruan tinggi berakreditasi A.

Alasannya, standar kompetensi lulusan PT akreditas A lebih jelas.

"Saya maunya PNS kita seperti pekerja bank. Gesit, tanggap, profesional, dan ramah. Bank saja kalau merekrut pegawai memilih lulusan PT terbaik, kenapa PNS nggak?," ujar Asman dalam media gathering jurnalis KemenPAN-RB yang dilaksanakan 29-30 September di Padalarang, Bandung.

Meski sudah menggunakan metode computer assisted test (CAT), lanjut politikus PAN ini, seleksi administrasi harus diperketat juga.

Diprioritaskan yang lulusan cumlaude atau lulusan dari PT berakreditasi A.

"Kenapa harus diperketat, biar PNS itu bukan profesi kedua bagi pelamar. PNS harus utama makanya mulai rekrutmen awal mesti diperketat sehingga ada kebanggaan pada diri CPNS yang lulus‎. Kalau cara masuknya gampang, mana ada kebanggaaan," tuturnya.

Foto: jpnn
Kebijakan ini menurut Asman sudah mulai diberlakukan dan akan terus diperbaiki sehingga diperoleh aparatur profesional dengan kompetensi tinggi. 

*esy/jpnn
loading...
loading...

0 Response to " MenPAN-RB Inginkan Calon PNS itu Seperti Pegawai Bank! "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.