PNS Harus Melek IT

Pemerintah sedang menyusun program-program pelatihan bagi seluruh pegawai negeri sipil (PNS). Program pelatihan tersebut akan difokuskan pada peningkatan kemampuan PNS di bidang teknologi informasi dalam jaringan. "Jangan sampai ada PNS yang tidak tahu soal IT karena semua sekarang berbasis IT," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur di Jakarta, Jumat (21/10).

Saat ini, pemerintah sedang fokus mengembangkan e-government. Penerapan e-government tidak dapat dihindari, mengingat perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi berpengaruh terhadap penyelenggaraan pemerintahan secara signifikan. Untuk itu, perlu SDM yang mendukung program pemerintah tersebut.

Menteri Asman mengatakan bahwa akan memberdayakan semua lembaga pelatihan termasuk Lembaga Administrasi Negara. Program pelatihan ini untuk seluruh PNS, karena PNS harus memiliki keahlian khusus tidak sekadar kemampuan administratif.

Ilustrasi
“Kami tingkatkan terus kemampuannya. Mungkin ada kursus selama tiga bulan atau enam bulan secara reguler,” ujar Menteri Asman.

*Humas MenPAN-RB

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama