loading...

Beda Hormon Dengan Vitamin

loading...
Beberapa senyawa organik dalam protoplasma berfungsi sebagai regulator atau pengatur yang disekresikan oleh kelenjar buntu atau endokrin dan dibawa oleh darah ke dalam jaringan target. Vitamin memiliki fungsi sebagai zat pengatur seperti halnya hormon.

Hormon-hormon yang ada dalam sitoplasma sel mengatur sintesis ARN messenger, enzim dan berbagai jenis kegiatan fisioloigs intraseluler. Berbagai jenis kelenjar yang tersebar dalam tubuh mensekresikan cairannya ke dalam darah. Salah satu kelenjar endokrin memiliki fungsi sebagai regulator untuk beberapa kelenjar endokrin, kelenjar endokrin ini disebut sebagai master gland, yaitu kelenjar pituitary. Kelenjar ini mensekresikan beberapa jenis cairan untuk menstimulasi dan meregulasi kelenjar endokrin lainnya.


Vitamin berbeda dengan hormon yang sudah tersedia dalam sitoplasma sel. Vitamin diperoleh dari lingkungan melalui makanan. Vitamin sangat penting untuk pertumbuhan normal, metabolisme dan memelihara kebugaran. Kekurangan vitamin akan mempengaruhi kecepatan metabolisme sel  yang akan menimbulkan penyakit akibat dari kekurangan vitamin tersebut. Beberapa jenis vitamin dikelompokkan berdasrkan kelarutannya. Vitamin A, D, E dan K adalah vitamin yang tidak larut dalam air, sisanya vitamin B kompleks, C dan lainnya dapat larut dalam air. 

*Guru Pembelajar
Loading...
loading...

0 Response to " Beda Hormon Dengan Vitamin "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.