Macam-Macam Protein dan Fungsinya

loading...
Molekul protein pada membran sel dibagi menjadi 2 tipe , yaitu protein integral, protein perifer. Kurang lebih 50 jenis protein membran tertanam dalam membran sel. Molekul protein menyebar secara spontan di dalam membran plasma.

Protein integral terikat secara permanen di dalam membran. Protein integral bisa dipisahkan dari membran dengan cara menggunakan detergen, pelarut non-polar atau bahan-bahan denaturasi. Tipe protein ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu:

a. Protein Integral politopik, disebut juga protein transmembran. Protein membran ini terletak menembus membran.

b. Protein integral monotopik adalah membran protein yang hanya menempel pada salah satu sisi tidak menembus seluruh bagian membran.

Protein membran Periferal merupakan protein yang menempel sementara baik pada lapisan lipid bilayer atau pada protein integral melalui ikatan non kovalen. Protein periferal dapat lepas oleh larutan garam pekat.

Secara fungsional protein dibagi menjadi 3 jenis, yaitu protein channel, protein carrier dan protein penanda atau sinyal. Protein membran memiliki beberapa fungsi penting khususnya dalam mengatur transportasi antar sel.

Fungsi-fungsi membran protein diantaranya:

a. Transportasi. Protein membran yang berfungsi untuk transportasi dibagi menjadi beberapa jenis yaitu protein channel (lorong protein), dan protein carrier. Kedua jenis protein ini berbeda dalam proses transportasinya, yaitu yang menggunakan energi dan tidak menggunakan energi. Protein chanel adalah protein membran yang mentransportasikan molekul tanpa membutuhkan energi dan perpindahan terjadi dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah. Protein carrier memindahkan molekul dari konsentrasi rendah ke konsentrasi yang lebih tinggi sehingga diperlukan energi untuk melakukan pengangkutannya. Protein membran yang berfungsi sebagai saluran transportasi. Gambar kiri transpor molekul dari konsentrasi tinggi ke konsentras rendah tanpa membutuhkan energi (protein chanel). Protein ini sering digunakan untuk jalur difusi molekul. Gambar sebelah kanan transportasi molekul dari konsentrasi rendah menuju konsentrasi tinggi sehingga membutuhkan energi (ATP).

Gambar 3.19. Protein channel dan protein carrier. (Sumber: Cambell et all, Biology,2009)

*Guru Pembelajar
loading...

0 Response to " Macam-Macam Protein dan Fungsinya "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.