Pemerintah Punya Wacana Hapuskan Ujian Nasional (UN) Tahun Depan

Terdapat wacana yang dikeluarkan pemerintah bahwa Ujian Nasional (UN) tahun depan akan dihapuskan. UN tersebut akan dihapuskan ke sejumlah sekolah yang telah memiliki nilai rata-rata di atas standar nasional.

Penghapusan ujian nasional ini tentu bisa meringankan tugas seorang guru. Di mana saat ujian nasional berlangsung, guru biasanya juga ikut sibuk demi mempersiapkan anak didik mereka menghadapi UN.

"Guru dan sekolah tidak dibebani target. Presentase palsu biasanya datang dari kepala sekolah, dinas maupun Pemda," ungkap Pengamat Pendidikan, M Abduhzen, saat dihubungi Okezone, belum lama ini.

Dengan penghapusan ujian nasioal ini, maka guru bisa dengan leluasa untuk mengembangkan pembelajaran mereka. "Guru sejatinya lebih leluasa mengeksplorasi pembelajaran karea tidak akan lagi mengejar target-target semu itu," imbuhnya.


Menurut Abduhzen, adanya ujian nasional yang selama dilaksanakan setiap tahunnya belum mampu mengubah pembelajaran menjadi lebih baik.

"Sejak 2003, UN hingga kini, apakah pendidikan kita cenderung membaik? Tidak!" tuturnya.

*okezone/sus

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama