loading...

Pengertian Endositosis dan Eksositosis

loading...
Perpindahan molekul-molekul berukuran besar yang tidak bisa melewati membran dilakukan dengan cara endositosis dan eksositosis.

Pada beberapa hewan Protozoa peristiwa fagositosis merupakan salah satu peristiwa endositosis.

Partikel yang lebih besar atau kumpulan bahan dapat diangkut melintasi membran plasma dengan cara dibungkus dalam  membran, tidak dengan cara melewakan molekul demi molekul melewati membran. 
Ketika bahan masuk ke dalam sel dengan cara ini, hal itu disebut endositosis. Ketika bahan diangkut 
keluar dari sel membran dalam paket terbungkus, itu dikenal sebagai eksositosis. Endositosis dapat dibagi menjadi tiga macam kegiatan: fagositosis, pinositosis, dan reseptor dimediasi endositosis. 
Pergerakan molekul-molekul besar yang tidak bisa melewati membran
langsung dilakukan dengan cara eksositosis dan endositosis.
Fagositosis adalah proses melanda partikel besar, seperti sel-sel. Misalnya, protozoa menelan makanan dan sel-sel darah putih menelan bakteri dengan membungkus mereka dengan membran dan membawa mereka ke dalam sel. Karena itu, sel-sel darah putih sering disebut fagosit. Ketika terjadi fagositosis, material yang akan ditelan menyentuh permukaan sel dan menyebabkan sebagian dari membran plasma luar akan menjorok. Membran plasma menjorok adalah mencubit off di dalam sel untuk membentuk kantung yang berisi materi ditelan. Ingat bahwa kantung ini, terdiri dari membran tunggal, disebut vakuola. Setelah di dalam sel, membran sekering vakuola dengan membran lisosom, dan enzim lisosom memecah isi vakuola

Pinositosis adalah proses “menelan” cairan dan bahan terlarut dalam cairan. Dalam bentuk endositosis, kantung yang terbentuk sangat kecil, dibandingkan dengan mereka yang terbentuk selama fagositosis. Karena ukurannya yang kecil, mereka disebut vesikel. Bahkan, mikroskop elektron diperlukan untuk melihat 
vesikel. 

*Guru Pembelajar
loading...
loading...

0 Response to " Pengertian Endositosis dan Eksositosis "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.