Pengertian Kolesterol

loading...
Senyawa kolesterol adalah senyawa kimia yang tersebar dalam lapisan fosfolipid. Senyawa kolesterol banyak ditemukan pada setiap sel dalam tubuh makhluk hidup. Hampir 20% dari membran diisi oleh kolesterol. Kolesterol memiliki fungsi yang penting dalam mempertahankan keutuhan membran serta memfasilitasi sinyal antar sel. Jadi kemampuan sel untuk berkomunikasi tidak lepas dari peranan kolesterol. Selain kolesterol, senyawa karbohidrat (gliko) seringkali berikatan dengan molekul protein membentuk senyawa glikoprotein atau dengan senyawa lipid membentuk senyawa glikolipid. Glikoprotein sering bertindak sebagai reseptor atau untuk mengenal sel yang ada di sekitarnya.

Model membran plasma yang lengkap menurut model fluida mosaik membran yang diajukan oleh Singer dan Nicolson secara umum digambarkan seperti gambar 3.25.

Protein juga penting bagi fungsi membran. Para peneliti  memperkirakan bahwa sekitar sepertiga dari genom setiap organisme mengkodekan protein membran. Beberapa protein terletak dalam fosfolipid bilayer, sedangkan protein yang lain berada keluar dari salah satu atau kedua belah sisinya. Fungsi protein membran antara lain.

*Guru Pembelajar
loading...

0 Response to " Pengertian Kolesterol "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.