Sekolah Berlantai Tanah dan Beratap Rumbia Ini Cuma Diajar 1 Orang Guru

loading...
Dusun Sungai Limpah Desa Sungai Ibul Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI terbilang daerah tertinggal, dimana akses jalan menuju kesana masih berlumpur.

Selain akses jalan yang sulit ditembus, listrik PLN juga belum menerangi dusun yang jarak dari Kota Pendopo hanya sekitar 10 kilometer. Bahkan sarana pendidikan disana juga sangat jauh dari kata layak. Dimana, tempat menimba ilmu di dusun yang jumlah tempat tinggal sekitar 60 rumah itu hanya terbuat dari kepingan papan dan atap dari daun rumbia berlantaikan tanah.

Walaupun sudah ada gedung baru untuk Sekolah Dasar Negeri (SDN) 33 kelas jauh Talang Ubi namun siswa yang berjumlah 23 orang terbagi dua kelas ini masih menggunakan bangunan sementara tersebut karena pembangunan dua lokal sekolah yang berasal dari Dana Desa (DD) tersebut belum selesai pengerjaannya.

"Bangunan sementara ini kami buat swadaya karena anak-anak kami sebelumnya bersekolah ke Simpang Raja Kelurahan Handayani Mulya yang jaraknya cukup jauh sekitar 7 kilometer dengan kondisi jalan apabila penghujan sulit dijangkau. Kami juga sering mengusulkan pembangunan sekolah ke dinas pendidikan tapi belum ada respon hingga akhirnya kepala desa kami memutuskan menggunakan Dana Desa (DD) untuk membangun sekolah ini," bebernya kepada RMOLSumsel, Kamis (24/11).


Sementara itu, Resi Masori Jelita (20) satu-satunya guru yang mengajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 33 kelas jauh Talang Ubi ini mengatakan bahwa meskipun tempat belajar yang kurang memadai tapi tidak menyurutkan semangatnya untuk memberikan ilmu kepada anak didiknya.

"Saya tergerak mengajar disini karena memang saya terlahir di desa ini,untuk membangun generasi cerdas agar bisa maju meskipun di daerah terpencil. Saya juga semangat mengajar karena melihat anak-anak disini perlu pendidikan yang layak ditengah serba kekurangan sarana," ungkapnya.

Guru yang berstatus honorer tersebut meminta kepada dinas pendidikan kabupaten PALI untuk memberikan perlengkapan sarana belajar apabila gedung sekolah baru yang dibangun melalui Dana Desa (DD) selesai. 

*wahari/rmolsumsel
loading...

0 Response to " Sekolah Berlantai Tanah dan Beratap Rumbia Ini Cuma Diajar 1 Orang Guru "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.