loading...

Sekolah-Sekolah Kota Jayapura Kekurangan Guru

loading...
Jayapura - Sejumlah Sekolah Dasar (SD), SMP, SMA dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Jayapura kekurangan guru. Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura I Wayan Mudiyasa, Senin (28/11/2016).

Menurutnya, kekurangan tenaga guru terutama di Sekolah Dasar terutama untuk guru kelas 4, 5 dan 6.

“Selama ini ada juga guru honor yang nantinya setelah terdata semuanya akan dikirim ke pemerintah pusat untuk diusulkan sebagai guru garis depan, yang jelas guru-guru honor tersebut sudah memiliki empat komponen, termasuk kompetensi akademik,” katanya.

Terkait didatangkannya guru dari luar Papua, ia mengatakan itu untuk menutup kekurangan guru di beberapa sekolah.

“Sedangkan untuk SMP kami kekurangan guru bahasa Inggris dan matematika, namun paling parah untuk SMK, kekurangan hampir di setiap sekolah, hanya 4 sampai 5 guru produktif di SMK,” ujarnya.


Untuk jalan keluar pihaknya berharap Jayapura bisa mendapatkan jatah guru, terutama untuk SMK dari program guru garis depan pemerintah pusat yang merekrut 6.000 guru.

“Kami sudah mengirimkan surat ke pemerintah pusat agar beberapa guru dikirim ke Kota Jayapura dan kami sudah rapat di Yogyakarta, kami sudah usulkan berapa kekurangan guru di masing-masing jenjang SD, SMP, SMA, SMK yang sudah masuk ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," kata Wayan.

Koordinator Gerkan Papua Mengajar Agustinus Kadepa mengatakan, sangat ironi guru-guru di kota saja kurang, apalagi di kampung-kampung pedalaman Papua.

"Sehigga generasi muda Papua harua bangkit menyadari bahwa mengajar merupakan kebutuhan utama di kalangan orang Papua," katanya 

*Portal Berita Jubi
Loading...
loading...

0 Response to " Sekolah-Sekolah Kota Jayapura Kekurangan Guru "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.