loading...

PPG SM-3T UNP Angkatan IV Ikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Di LPMP Sumbar

loading...
Program sarjana mendidik di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (SM-3T) merupakan program maju bersama mencerdaskan Indonesia dari Kementerian Ristek Pendidikan Tinggi.

Program ini ditujukan kepada sarjana pendidik yang belum bertugas sebagai guru untuk ditugaskan selama 1 tahun di daerah 3T. Tujuannya adalah untuk percepatan pembangunan pendidikan di daerah 3T sebagai penyiapan pendidik profesional yang akan dilanjutkan dengan program pendidikan profesi guru (PPG).

Koordinator PPG SM-3T Universitas Negeri Padang (UNP) Prof.Dr. Agustina, M.Hum dalam arahannya menghimbau kepada semua peserta untuk dapat mengikuti kegiatan latihan dasar kepemimpinan (LDK) dengan penuh disiplin dan serius. Karena kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang harus diikuti oleh semua peserta PPG SM-3T.

Menurut laporan ketua penyelenggara kegiatan Citra Puspita, kegiatan LDK kali ini sudah merupakan yang keempat kalinya dalam bentuk kerjasama UNP dengan lembaga penjaminan mutu pendidikan (LPMP) Sumatera Barat.

LDK Kerjasama LPMP Sumbar dengan UNP Padang /Foto: spiritsumbar
Untuk angkatan empat ini peserta yang ikut kegiatan sebanyak 164 orang. Pelaksanaan kegiatan mulai dari tanggal 22 sampai 24 Desember 2016 bertempat di LPMP Sumatera Barat. Setelah selesai kegiatan nantinya peserta akan diberikan sertifikat sebagai bukti telah selesai mengikuti kegiatan.

Peserta kegiatan berasal dari 9 jurusan, yakni PGSD, PGPAUD, PPKn, Geografi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Penjasrek, Biologi dan Fisika yang berasal dari alumni LPTK se Indonesia. Peserta baru pulang bertugas dari berbagai daerah tertinggal seperti Aceh Selatan, Pidi Jaya, Singkil, Ende, Maluku Barat Daya dan Sanggau.

Sebagai fasilitator diambil dari dosen-dosen UNP dan widyaiswara LPMP Sumatera Barat yang semuanya berjumlah 8 orang. Yakni, Dr. Erizal Gani, M.Pd, Rimayanti, S.Pd Dr. Nurhasansyah, Sukirman, S.Pd, Dr. Indang Dewata, M.Pd, Feri Fren, S.Pd. MM, Dr. Yahya dan Drs, Momon Fikri. Pelaksanaan kegiatan dibagi atas 4 lokal dengan pengampu masing-masing lokal sebanyak 2 orang fasilitator.

Kegiatan LDK dilaksanakan dengan pola 32 jam pelajaran. Materi kegiatan berupa kebijakan tentang pengembangan profesi guru, kebijakan tentang sistim penjaminan mutu pendidikan, kepemimpinan pendidik dan tenaga kependidikan, kepemimpinan pembelajaran guru, motivasi berprestasi, manajemen berbasis sekolah, komunikasi efektif, outbond. Diawal kegiatan peserta dilakukanpre test dan post test diakhir kegiatan untuk melihat daya serap dan peningkatan wawasan peserta dari kegiatan LDK ini.

Pembukaan dilakukan oleh Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D. Dalam arahannya beliau menyampaikan kepada semua peserta PPG SM-3T untuk selalu dapat meningkatkan kompetensi diri sehingga pada suatu saat bisa menjadi guru yang profesional.

Penulis : Feri Fren
Editor : Saribulih

Sumber: http://spiritsumbar.com/lpmp-sumbar-dan-unp-adakan-ldk-bagi-ppg-sm-3t/
loading...
loading...

0 Response to " PPG SM-3T UNP Angkatan IV Ikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Di LPMP Sumbar "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.