UNS Sukses Luluskan 13 Guru PPG SM-3T Angkatan Pertama dan Bersiap Sambut Angkatan Kedua

loading...

Setelah berhasil meluluskan 13 guru dalam Pendidikan Profesi Guru Sarjana Mendidik di Daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (PPG-SM3T) Program Pendidikan Ekonomi angkatan pertama, Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) bersiap untuk pendidikan angkatan kedua.

“Angkatan kedua kira-kira akan ada 100an guru SM3T yang akan belajar di UNS, namun kita masih menunggu suratnya dari pemerintah,” kata Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS, Jumat (27/1/2017).

UNS Solo menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang ditunjuk Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk mengelola PPG-SM3T.

"PPG masih merupakan rintisan, baru beberapa perguruan tinggi yang ditunjuk oleh pemerintah untuk melaksanakan PPG, termasuk UNS, " kata Ravik.

PPG SM-3T di UNS merupakan penugasan dari Kemristekdikti berdasarkan SK Ditjen Belmawa no 007/B1/SK/2016 tentang Penetapan Perguruan Tinggi Penyelengara Rintisan Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan.

Program PPG SM-3T adalah program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan selama 1 (satu) tahun yang diperuntukkan bagi para Sarjana Pendidikan yang sebelumnya ditugaskan selama satu tahun di daerah 3T.

Kegiatan ini untuk mempersiapkan calon guru profesional yang tangguh, mandiri, memiliki sikap peduli sesama.

Dan memiliki jiwa besar mencerdaskan anak bangsa, agar dapat maju bersama mencapai cita-cita luhur seperti yang diamanatkan oleh para pendiri bangsa Indonesia.

Kegiatan PPG SM3T terdiri atas pendidikan karakter di asrama, dan pendidikan akademik di Kampus dan sekolah.

Pendidikan karakter selama PPG ini dilaksanakan di asrama Pusat Pengembangan Bisnis UNS.

Kegiatan PPG berdasarkan Kurikulum, terdiri atas 2 kegiatan, Workshop penyusunan perangkat pembelajaran, dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Workshop dilakukan dari tanggal 22 Maret – 24 Juni 2016.

Kemudian PPL mulai bulan Juli sampai Nopember 2016 dengan dibimbing langsung oleh para guru besar dan dosen di Prodi Pendidikan Ekonomi dan akuntansi.

Sumber: http://solo.tribunnews.com/2017/01/28/sukses-didik-ppg-sm3t-angkatan-pertama-uns-solo-bersiap-sambut-angkatan-kedua
loading...

0 Response to " UNS Sukses Luluskan 13 Guru PPG SM-3T Angkatan Pertama dan Bersiap Sambut Angkatan Kedua "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.