loading...

Ini Info Baru Untuk Peminat PPG Umum 2017

loading...

Rakor Program Pendidikan Guru (PPG) para rektor Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dengan Dirjen Belmawa dilaksanakan Kamis (16/2/2017) lalu.

Menurut Rektor Universitas Negeri Malang (UM), Prof Dr A Roffiudin MPd, rakor tersebut difokuskan pada memastikan pola dasar yang akan dipakai pada PPG umum 2017.

Sarjana lulusan pendidikan guru secara Undang-Undang tidak bisa langsung mengajar, tetapi harus mengantongi sertifikat dan melaksanakan PPG terlebih dahulu untuk menjadi guru profesional.

"LPTK dan pemerintah masih dalam pemantapan mekanisme rekrutmen dan mekanisme penyelenggaraan PPG 2017," ujarnya pada SURYAMALANG.COM, Rabu (22/02/2017).

Dalam satu hingga dua bulan ke depan, lanjut Roffiudin, pemantapan harus sudah selesai dan dikoordinasikan dengan kementerian.

Pembahasan memang masih belum mencapai hal teknis detail seperti jumlah kuota, namun bisa ia pastikan kuota PPG tahun ini akan lebih banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tetapi jumlah persisnya belum ditentukan oleh pemerintah.

"Karena memang itu diperlukan untuk memenuhi kebutuhan guru pertahunnya," katanya.

Pertahunnya, jumlah guru pensiun mencapai jumlah 40 ribu orang sedangkan lulusan SM3T (Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) PPG hanya sekitar 3.000 orang pertahun.

Jumlah tersebut masih jauh sekali dari kebutuhan sehingga, tambah Roffiudin, akan ada upaya percepatan dari pemerintah dengan PPG umum di luar SM3T.

"Bedanya, SM3T dibiayai penuh oleh pemerintah namun PPG umum mungkin akan ada beberapa komponen yang harus dibiayai sendiri oleh peserta," katanya.

Perbedaan lainnya juga pada sistem kuliah yang hanya dilakukan di kampus, sedangkan SM3T ada proses PPL di sekolah-sekolah selama empat bulan.

Pendaftaran PPG akan dilaksanakan secara online yang dikelola oleh pemerintah pusat dalam satu pintu. Semua pendaftar juga akan diseleksi oleh pusat.

Meski kuota belum ditentukan, Roffiudin sudah bisa menyanggupi menerima jumlah peserta empat kali lipat dari sebelumnya. Sebelumnya, UM hanya bisa menampung sekitar 225 peserta PPG.

Sumber: http://suryamalang.tribunnews.com/2017/02/22/rakor-program-pendidikan-guru-ini-komentar-rektor-universitas-negeri-malang
Loading...
loading...

0 Response to " Ini Info Baru Untuk Peminat PPG Umum 2017 "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.