loading...

Permasalah Ini Muncul Saat Pelaksanaan Simulasi UNBK

loading...
Siswa mendengarkan ujian simulasi listening Bahasa inggris karena kerkurangan perangkat headset/Foto: Arfiyan Sare Lio Pawe

Pelaksanaan simulasi UNBk menyisakan banyak PR yang harus segera diselesaikan. Pada pelaksanaan simulasi dalam beberapa minggu ini sering terjadi berbagai permasalahan yang bisa saja menggangu jalannya ujian. Berikut ini contoh-contoh masalah yang muncul saat pelaksanaan simulasi UNBK.
  1. Listrik padam. Memang secara prosedur persyaratan wajib UNBK harus didukung penyedian UPS. Namun tidak semua sekolah yang menyedikan UPS untuk pelaksanaan UNBK. Ada sebagian sekolah yang cuma mampu menyediakan UPS untuk server saja. Namun komputer klient tidak bisa ditampung oleh daya UPS. Hal ini menjadi momok yang menakutkan bagi siswa dan penyelengara. Salah satu solusi utama adalah dengan penyedian tenaga genset apabila terjadi pemadaman listrik oleh PLN.
  2. Masalah server, ada sekolah yang telah menyiapkan beberapa unit server untuk UNBK. Namun namun ada yang tidak terdeteksi oleh server panitia pusat.
  3. Komputer tiba-tiba hank atau error, ini memang masalah klasik yang bisa saja terjadi. Mungkin karena faktor kulitas hardware yang tidak lagi sehat, sehingga muncul masalah secara tiba-tiba saat pelaksanaan ujian.
  4. Mouse, keyboar dan headset yang bermasalah. Hampir sama dengan diatas namun pelajaran dari simulasi pada umumnya headset menjadi masalah yang sering muncul karena tidak komplatiblenya perangkat dengan CPU.  
  5. Monitor yang kurang bersahabat, hal ini dibuktikan dengan tampilan monitor yang bervariasi serta kontrak pencahayaan yang beragam pula. 
  6. Sering gagal login akun. ini disebabkan banyak faktor, seperti siswa salah mengiput username dan password atau pengaturan di komputer server.
  7. Mata pelajaran pilihan siswa berbeda dengan yang diujikan. Hal ini diduga karena salahnya input ketika pemilihan mapel yang bisa saja merugikan siswa, contoh siswa yang memilih biologi ternyata mata pelajaran yang muncul adalah fisika.
  8. Masih banyak siswa yang gagap dengan komputer. Ini tidak boleh juga dipandang sebelah mata. Karena tidak semua siswa yang mahir menggunkan teknologi komputer. hal ini terlihat jelas masih adanya siswa yang gugup memegang mouse, mengetik dengan keyboard serta pemahaman tentang aplikasi ujian.
Demikian Contoh Masalah Yang Muncul Saat Pelaksanaan Simulasi UNBK versi Pak Pandani.
Loading...
loading...

0 Response to " Permasalah Ini Muncul Saat Pelaksanaan Simulasi UNBK "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.