loading...

Ternyata Tanggal 30 Februari Pernah Ada Lho...

loading...
Tahukah anda pada bulan februari ini tanggal yang ada di kalender cuma sampai tanggal 28 saja. Dan pasti anda sudah tahu juga alasannya.

Penjelasan ini pernah disampaikan oleh guru sewaktu di SD, kalau bulan februari memiliki tanggal sampai 28 saja, kecuali pada tahun kabisat (tahun yang bisa di bagi empat) memiliki tanggal sampai 29.

Keunikan dari bulan febuari ini dijadikan meme oleh sebagian orang unuk membuat hal-hal yang lucu, seperti: Pengumuman Kalau Tanggal 29 dan 30 Feberuari 2017 dinyatakan sebagai HARI LIBUR NASIONAL atau Ada juga yang membuat kalau Tanggal 30 Februari 2017 akan ada pembagian BBM gratis sampai penuh oleh pertamina. wkwkwk

Tapi tahukah anda tenyata tanggal 30 Februari pernah ada, dikutip dari sebuah sumber rahasiapengetahuanku bahwa:
Wilayah Swedia (yang saat itu termasuk Finlandia) berencana untuk mengganti kalender Julian menjadi kalender Gregorian mulai tahun 1700 dengan menghapuskan hari kabisat selama 40 tahun ke depan. Oleh karenanya, 1700 bukan merupakan tahun kabisat di Swedia, namun tahun 1704 dan 1708 adalah tahun kabisat di luar rencana. Ini menyebabkan kalender Swedia menjadi sehari lebih cepat daripada kalender Julian namun masih 10 hari di belakang kalender Gregorian.
Kebingungan berkurang ketika pada tahun 1712, dua hari kabisat ditambahkan, mengakibatkan tahun tersebut mempunyai tanggal 30 Februari. Hari tersebut sama dengan 29 Februari dalam kalender Julian dan 11 Maret dalam kalender Gregorian. Pergantian Swedia ke kalender Gregorian akhirnya dilakukan pada 1753.

dan ketika saya cek kebenarannya ternyata bisa dibuktikan dengan melihat Situs kalender online:
https://www.timeanddate.com/calendar/?year=1712&country=21


Sekian info dari Pak Pandani, Semoga bermanfaat
Loading...
loading...

0 Response to " Ternyata Tanggal 30 Februari Pernah Ada Lho... "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.