Universitas Negeri Makassar (UNM) Orientasi 200 Pendidik Daerah 3T

Foto: sm3tri

Selanjutnya Pendidikan Fisika (21 orang), Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (10 orang), Pendidikan Matematika

Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar orientasi akademik bagi 200 peserta Pendidikan Profesi Guru Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (PPG SM-3T) Angkatan V Tahun 2017 di Ballroom Menara Pinisi UNM Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat.
Direktur P3G UNM, Prof Ramli Umar di Makassar, menyatakan para peserta yang mengikuti orientasi itu terdiri dari PGSD sebanyak 30 orang, Bimbingan dan Konseling (15 orang), Pendidikan Bahasa Indonesia (13 orang) serta Pendidikan Bahasa Inggris sebanyak 31 orang,

"Selanjutnya Pendidikan Fisika (21 orang), Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (10 orang), Pendidikan Matematika (10 orang), Pendidikan Kimia (16 orang) dan Pendidikan Sejarah sebanyak 14 orang yang berasal dari 14 LPTK di Indonesia,"ujarnya.

Ia menjelaskan, peserta P3G ini disiapkan sebaik-baiknya tidak hanya dari segi kecerdasan intelektual tetapi juga cerdas secara moral.

Menurut dia, persentase kelulusan merupakan tolak ukur keberhasilan. Untuk itu, diharapakan tingkat kelulusan tahun 2017 bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Salah satu faktor kegagalan ialah kelemahan penguasan materi bidang studi yang dipilih, untuk itu kisi-kisi bisa lebih di fokuskan lagi", harapnya.

Sementara itu, Rektor UNM Prof Husain , saat membuka kegiatan orientasi hari ini mengatakan bahwa untuk menciptakan guru masa depan salah satu indikatornya adalah berasrama.

Dengan demikian bisa terjadi komunikasi berkelompok, berdiskusi dan bekerja sama antar peserta SM3T. Ia berharap di masa mendatang para peserta bisa menunjukkan hasilnya dengan membentuk generasi emas.

"Hal itu akan menunjukkan kualitas sumber daya dari SM3T. Mudah-mudahan para peserta mampu menunjukkan hasilnya dengan membentuk generasi emas kedepan," sebutnya.

Sebelumnya, sebanyak 246 alumni pendidikan Profesi Guru (P3G) Pasca Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM3T) dan Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PPGT-PGSD) mengikuti Yudisium dan Wisuda Pendidikan Profesi Guru Periode IV Tahun 2017 Universitas Negeri Makassar, 20 Januari 2017.

Wisudawan yang resmi mendapatkan gelar profesi guru atau Gr ini terdiri dari 12 program studi dengan jumlah peserta yaitu 213 orang dan 1 program studi PPGT-PGSD dengan jumlah peserta sebanyak 33 orang.

Rektor UNM dalam kesempatan itu juga menyampaikan keberhasilan yang telah diraih merupakan berkat dedikasi, integritas dan semangat dalam berusaha dan kerja keras.

Untuk peserta yudisium dan wisudawan terbaik periode IV ini diraih Agus Leorosandi dari Program Studi Pendidikan Ekonomi Program PPG-SM3T dan Richar Cristian Eba dari PPGT-PGSD.

*Antara Sulsel/Daniel

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama