loading...

Asik! Punya Sertifikat PPG, Guru Berpeluang Mengajar di Luar Negeri

loading...

Persyaratan menjadi guru PNS yang makin ketat, tidak berdampak pada jumlah peminat di fakultas keguruan. Pendaftar di perguruan tinggi yang memiliki fakultas keguruan masih cukup tinggi. Contohnya di UM dan Unisma, yang jumlah mahasiswanya dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Adanya syarat mengajar di daerah 3T dan program PPG nampaknya tidak menurunkan semangat para calon mahasiswa untuk memilih fakultas kependidikan.

“Setiap tahun Alhamdulilah FKIP UM mahasiswanya semakin meningkat,” ujar Wakil Rektor UM Prof Dr Haryono M.Pd.

Seperti halnya peningkatan tahun 2015 ke 1016, dengan peminat kurang lebih 15 persen. Sampai saat ini di tahun 2017, pendaftar di fakultas ini juga tetap mengalami peningkatan.

Dijelaskannya, meningkatnya jumlah pendaftar FKIP UM dari tahun ke tahun tersebut juga didorong oleh adanya PPG dan SM3T. Pasalnya setelah lulus dan mempunyai sertifikat PPG dan SM3T, maka kesempatan untuk menjadi PNS maupun guru profesional di dalam maupun luar negeri sangat terbuka lebar. Aapalagi saat ini, pemerintah mengenjot jumlah alumni FKIP untuk di sebar keplosok-plosok negeri.

“Sebenarnya FKIP ini peluang kerjanya juga tinggi. Apalagi setelah mendapat sertifikat PPG, bisa langsung di gunakan untuk menjadi guru di dalam maupun luar negeri. Dan bahkan jika memenuhi syarat, akan diangkat menjadi PNS,” tambahnya.

Sementara itu, di FKIP Unisma juga mengalami peningkatan peminat setiap tahunnya. Pada tahun 2015- 2016, jumlah pendaftar naik menjadi 300 persen. Bahkan di pendaftaran tahun ini saja, FKIP juga mulai banyak diminati oleh calon mahasiswa.

“FKIP Unisma dari tahun ketahun trennya semakin meningkat. Bahkan di tahun ini sudah ratusan yang mendaftar, dan akan terus bertambah,” kata Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Masykuri M.Si.

Peningkatan peminat ini, lanjutnya, dikarenakan kebijakan pemerintah saat ini sedang mencari guru-guru yang mau ditempatkan di wilayah terpencil. Ini kesempatan bagi mereka yang ingin mengabdi dan menjadi guru profesional.

“Kalau dilihat inilah alasan beberapa calon mahasiswa mempertimbangkan kuliah di pendidikan. Kesempatan kerjanya juga lebih luas. Bahkan untuk mengajar di daerah seperti program SM3T juga dibiayai oleh pemerintah. Setelah itu mereka bisa mendapat sertifikat, yang dapat digunakan untuk melamar PNS ataupun menjadi guru di sekolah terkemuka,” tambahnya.

Sumber: http://malangpost.net/pendidikan/punya-sertifikat-ppg-guru-berpeluang-mengajar-di-luar-negeri
loading...
loading...

0 Response to " Asik! Punya Sertifikat PPG, Guru Berpeluang Mengajar di Luar Negeri "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.