Kemdikbud Buka Seleksi “Seniman Mengajar” Tahun 2017


Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan kegiatan Seniman Mengajar. Seniman Mengajar adalah program seniman yang mengajar kesenian kepada masyarakat/ komunitas/ sanggar yang berada di daerah dengan predikat 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) yang berada di Indonesia.

Program ini pada prinsipnya mendorong para seniman berbagi ilmu dan pengalamannya kepada masyarakat yang berada daerah 3T. Dengan program ini, masyarakat di daerah 3T dapat terbuka wawasannya dan dapat menjalin kerjasama dengan para seniman, sehingga dapat meningkatkan kualitas ekspresi seni dan penguatan identitas budaya di daerah 3T. Pada akhir masa belajar, para seniman dapat mempresentasikan apa yang telah dikerjakannya di daerah pelaksanaan kegiatan.

Dalam melaksanakan program Seniman Mengajar ditekankan prinsip–prinsip : partisipatif, dialogis, dan transformasi. Format kegiatan residensi seniman dalam kurun waktu yang ditentukan dengan target paket kegiatan selesai. Seniman berbagi ilmu dan keahlian dengan seniman lokal yang mewakili sanggar/ komunitas.

Lokasi Seniman Mengajar tahun 2017, untuk tahap 1 meliputi 3 daerah di Indonesia yaitu:
  • Natuna, kepulauan Riau
  • Kapuas Hulu, Kalimatan Barat
  • Belu, NTT
Pelaksanaan kegiatan akan dilaksanakan di dua tahap yaitu bulan Mei dan Agustus 2017, dengan alokasi waktu selama 20 hari, dengan pola pengembangan residensi. Pada akhir kegiatan seniman menyerahkan laporan tertulis/video hasil kegiatan yang disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan seniman.

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Pak Pandani | Belajar dan Berbagi. Jika ada pertanyaan, saran, dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini....

Salam Pak Pandani

Lebih baru Lebih lama