LPMP UNY Selenggarakan Workshop Instruktur PPG SM-3T


Lembaga Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNY menyelenggarakan kegiatan “Penyamaan Persepsi” dalam Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Kurikulum 2013 bagi Instruktur PPG SM3T Angkatan V Tahun 2017, Rabu (1/3) di Auditorium UNY. Acara dibuka oleh Ketua LPPMP UNY, Anik Gufron, selain dihadiri instruktur PPG SM3T Angakatan V Tahun 2017, juga dihadiri Guru Besar, Wakil Rektor IV, beberapa Dekan dilingkungan UNY, Kepala P4TKN, serta juga pimpinan Lembaga dan Badan dilingkungan UNY.

Dalam Sambutannya Ketua LPPMP, Anik Gufron, dalam penyelenggaraan PPG SM3T tahun ini Universitas Negeri Yogyakarta mendapat jatah yang paling banyak, pendaftar awalnya tertulis sebanyak 374 mahasiswa dan kemudan menyusut menjadi 364 mahasiswa, dan untuk tahun ini ada 2 Program Studi penyelenggara yang baru yaitu dari Program Studi Akuntasi dan Program Studi Tata Boga, sehingga total Tahun 2017 sebanyak 20 Program Studi dari 7 Fakultas di Universitas Negeri Yogyakarta yang ikut serta dalam program PPG SM3T.

Anik menambahkan beberapa hari sebelumnya tanggal 25-26 Februari telah dilakukan pretest bagi para peserta untuk mengukur potensi mereka, sehingga kita dapat mengukur bagaimana tindakan untuk mereka, dan seandainya akan terlihat kenaikan yang signifkan berarti kita dapat mengukur program kita sudah berhasil, padahal dilain sisi peserta ini dating dar berbagai latar belakang perguruan tinggi seperti UNS, UNESA, UNNES dan lain-lain.

Ketua Panitia Penyelenggara, Suyud mengatakan Sebanyak 23 LPTK baik negeri/swasta diberi tugas menyelenggarakan PPG SM3T, melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa), Nomor 007/B1/SK/2017 tentang Penetapan Perguruan Tinggi Penyelenggara Rintisan Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan.

Suyud menjelaskan sebanyak 249 instruktur atau dosen PPG SM3T Angakatan V Tahun 2017, dimana mereka terdiri dari Fakultas llmu Pendidikan dengan jumlah mahasiswa 87 mahasiswa dari 4 Program Studi dengan 51 Instruktur; Fakultas Bahasa dan Sastra, terdiri 29 Mahasiswa dari 2 Program Studi dengan 18 Instruktur, Fakultas FMIPA 5 Program Studi, 97 Mahasiswa dengan 67 Instruktur; 

Fakultas Ilmu Sosial 4 Program Studi 67 Mahasiswa dengan 43 Instruktur; Fakutas Teknik 2 Program Studi 32 Mahasiswa dengan 32 Instruktur; Fakultas Ilmu Keolahragaan 1 Program Studi dari 20 Mahasiswa dengan 1 Instruktur, dan Fakultas Ekonomi 2 Program Studi dari 30 Mahasiswa dengan 28 Instruktur. Dalam pertemuan tersebut diharapkan instruktur PPG SM3T dapat memberikan penyegaran dalam pengembangan perangkat pembelajaran dan kurikulum 2013, dimana penyempurnaannya masih berjalan melalui evaluasi kurikulum, papar Suyud.

Suyud menambahkan bahwa pada awalnya pada Angkatan pertama, kegiatan seperti ini masih berbentuk Workshop Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bidang Studi yang Mendidik, sedang dalam istilah PPG dkenal dengan nama Subject Specific Pedagogy (SSP) dimana dimaksudkan agar bisa membuat paket pembelajaran yang mendidik.

Sumber: http://www.uny.ac.id/berita/workshop-untuk-instruktur-ppg-sm3t-angkatan-v.html
loading...

0 Response to " LPMP UNY Selenggarakan Workshop Instruktur PPG SM-3T "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "Pak Pandani". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.